Tips Cara Mencari dan Memproteksi Data di Smartphone Android Yang Hilang

  • Share
Cowok Lagi Nyari Smartphone Yang Hilang di Loker

Jaman sekarang kehilangan smartphone tuh sama kayak kehilangan seperempat nyawanya ya gais? Soalnya memang sebagian besar masyarakat jaman sekarang tidak bisa jauh-jauh dari smartphone kesayangannya.Memang sih tidak ada yang mau kehilangan benda berharganya, termasuk juga smartphone, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau kejadian gak mengenakkan tersebut bisa juga terjadi sama kalian. Eh tapi semoga aja kalian gak pernah kehilangan smartphone gais, kan bisa gawat.

Kehilangan smartphone gak cuma smartphone-nya aja yang ilang, tapi juga file-file penting yang ada di dalamnya. Bisa-bisa file tersebut disalahgunakan sama pihak yang tidak bertanggungjawab, kan gawat. Nah sebelum terjadi hal-hal yang tidak kalian inginkan, kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk memproteksi file-file di smartphone kalian. Kalau seumpama smartphone kalian hilang dan semoga aja hal tersebut gak terjadi, maka semua file penting tersebut akan bisa diproteksi dari jarak jauh.

Langkah-langkah yang akan kami berikan berikut ini termasuk cara yang gampang dan gak ribet kok. Kalian juga gak perlu menginstall aplikasi tertentu. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh smartphone Android aja gais, jadi monggo yang punya Android bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Langkah pertama masuk ke menu Settings di smartphone Android. Kalau udah masuk lalu masuk lagi ke menu Security.

Scrinsut Setting Android
Scrinsut Setting Android

2. Kalau udah masuk ke menu Security, cari aja menu yang judulnya Android Device Manager. Buat yang pakai Android versi lama bisa masuk dulu ke menu Device Administrators.

Scrinsut Setting Android
Scrinsut Setting Android

3. Kalau udah ketemu menunya, pastikan kotak kecil yang ada di sebelah menu tersebut tercentang.

Scrinsut Setting Android
Scrinsut Setting Android

4. Saat kotak tersebut dicentang, maka kalian akan bisa mengetahui lokasi smartphone kalian lewat GPS gais. Selain itu kalian juga bisa membunyikan smartphone kalian seandainya aja kalian lupa dimana naruh smartphone, mengunci smartphone dari jarak jauh, dan juga menghapus semua data kalian yang ada di smartphone. Yang perlu kalian perhatikan adalah jangan lupa mengaktifkan Location di smartphone terlebih dahulu.

Scrinsut Setting Android
Scrinsut Setting Android

5. Langkah selanjutnya, kalian tinggal membuka https://www.google.com/android/devicemanager.

Scrinsut Google Android Device Manager
Scrinsut Google Android Device Manager

6. Nanti kalian akan diminta untuk masuk ke akun Google kalian terlebih dahulu, jika udah, maka kalian akan bisa melihat lokasi dimana smartphone kalian, membuat smartphone tersebut berbunyi, menguncinya, atau menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Scrinsut Google Android Device Manager
Scrinsut Google Android Device Manager

Udah gais itu aja langkah-langkahnya, gampang banget kan? Kalian bisa mengikuti langkah tersebut untuk berjaga-jaga seandainya aja smartphone kalian hilang atau kalian lupa naruhnya dimana. Semoga tips yang kami berikan bisa bermanfaat buat kalian gais.

Gambar: Cowok Lagi Nyari Smartphone Yang Hilang di Loker via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.