Ini Loh Enam Perubahan Yang Dihadirkan Google Untuk Android M

  • Share
Kantor Google

NGONOO.com – Hae sobat NGONOO, kali ini kami akan mengulas tentang OS terbaru buatan Google, yakni Android M. Jika pada kesempatan sebelumnya kami mengulas tentang kemungkinan arti Android M, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang perubahan yang dihadirkan Google untuk Android M. Yuk kita bahas satu persatu aja.

Ada enam perubahan besar yang dihadirkan Google untuk OS Android M. Perubahan-perubahan tersebut dijelaskan oleh Goole dalam ajang Google I/O dan sebagian besar perubahan yang ada di Android M berfokus pada bagaimana aplikasi bekerja dan berinteraksi antara satu dengan lainnya. Tidak hanya itu saja gais, dengan adanya teknologi sensor sidik jari, kini Google akan memberikan sistem pembayaran mobile.

Presentasi Android M
Presentasi Android M

1. App Permissions

Presentasi Android M
Presentasi Android M

Buat para pengguna iOS mungkin sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Yups, kini Google mencoba untuk mengadopsi gaya iOS dalam pemberian ijin aplikasi. Nantinya pengguna Android M akan ditanyai tentang setiap ijin yang bisa digunakan oleh aplikasi tersebut. Kalian bisa masuk ke menu settings untuk melihat  ijin-ijin apa saja yang digunakan oleh sebuah aplikasi dan kalian tinggal memilih antara memberikan akses atau memblokirnya.

2. Custom Chrome tabs

Presentasi Android M
Presentasi Android M

Sekarang banyak aplikasi yang mempunyai komponen web, dimana kalian akan dipaksa untuk bergonta-ganti antara membuka aplikasi dan web atau melihat website yang di-embed ke dalam aplikasi. Nah, untuk menjawab keribetan tersebut, Chrome memberikan solusinya, yakni dengan mengubah tampilan browser tersebut menjadi seperti bagian dari aplikasi. Aplikasi akan langsung meluncurkan tab Chrome yang bisa dimodifikasi, kalian juga bisa mengubah style-nya serta menambahkan tombol-tombol agar terlihat seperti bagian dari aplikasi.

3. App links

Saat sebuah aplikasi harus terkoneksi dengan aplikasi lain selain browser, Android M akan menambahkan cara yang lebih aman ke aplikasi untuk memastikan bahwa saat aplikasi tersebut mengirimkan permintaan (misalnya membuka twitter dan melihat tweet),  aplikasi yang menerima permintaan tersebut mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Android  M akan mengesahkannya secara Cryptographical dengan server web, yang nantinya juga akan menghilangkan aplikasi-aplikasi berbahaya.

4. Android Pay

Presentasi Android M
Presentasi Android M

Google sebenarnya sudah lama ingin membuat sistem pembayaran secara mobile, dan hal tersebut akan diwujudkan dalam bentuk Android Pay. Nantinya, jika ada toko atau aplikasi yang menawarkan dagangannya melalui Android, maka pihak tersebut tidak akan bisa melihat detail dari kartu kredit. Hal itu dikarenakan Android Pay akan menjaganya agar tetap aman.

5. Fingerprint Sensors

Presentasi Android M
Presentasi Android M

Beberapa perusahaan smartphone sudah menghadirkan fitur fingerprint sensors untuk pembayaran mobile yang aman, dan sekarang Google membuat fitur tersebut agar bisa bekerja secara maksimal.

6. Power and charging

Presentasi Android M
Presentasi Android M

Untuk memaksimalkan daya tahan baterai, Google menghadirkan project volta yang berisi fitur Doze. Fitur tersebut akan menggunakan sensor gerakan untuk mendeteksi apakah smartphone sedang dalam keadaan diam di suatu tempat atau tidak, jika smartphone sedang dalam keadaan diam maka nantinya smartphone tersebut akan melakukan dozing. Dozing sendiri akan membuat smartphone secara otomatis mengurangi aplikasi yang berjalan, dengan begitu baterai bisa lebih hemat lagi.

Peningkatan lainnya adalah dari segi fitur quick charging, dimana Google akan membuat proses pengisian ulang baterai smartphone menjadi lebih cepat.

Itu dia gais beberapa perubahan serta peningkatan yang dihadirkan Google untuk Android M. Semoga aja OS tersebut segera dirilis.

Gambar: Kantor Google via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.