Helm Sepeda Canggih Yang Bisa Menyelamatkan Penggunanya Dari Kecelakaan

  • Share
Helm Sepeda Lagi Nangkring di Setang Sepeda
Helm Sepeda Lagi Nangkring di Setang Sepeda

Satu lagi inovasi dalam dunia teknologi gais, kali ini melibatkan helm sepeda. Kenapa helm sepeda? Karena di Amerika dan Eropa sana banyak kasus kecelakaan, bahkan kematian yang menimpa para pengendara sepeda.

Berbeda dengan di Indonesia yang sebagian besar masyarakat menggunakan sepeda motor dan mobil, kalau di Amerika dan Eropa memang lebih banyak yang mengendarai sepeda gais. Bahkan menurut catatan, sebanyak 50% pengendara sepeda meninggal ditabrak mobil saat melintasi lalu lintas jalan raya di Eropa. Sedangkan di Amerika sebanyak 50.000 pengendara sepeda mengalami kecelakaan fatal setiap tahunnya.

Oleh karena itulah, beberapa produsen bekerjasama untuk membuat sebuah helm sepeda canggih yang bisa ‘menyelamatkan’ para pengendara sepeda. Produsen-produsen tersebut adalah POC, Ericsson, dan Volvo. POC adalah produsen pembuat peralatan olahraga gitu gais. Helm sepeda canggih tersebut diberi nama Connected Cycle Helmet.

Helm Pintar
Helm Pintar

Helm ini bukan hanya baru sebatas ilustrasi rancangan aja loh gais, karena ternyata helm canggih ini udah diperkenalkan dan dipraktekan cara kerjanya pada ajang CES tanggal 6-9 Januari 2015 beberapa hari yang lalu. Teknologi yang ada dalam helm canggih ini menggunakan komunikasi dua arah dengan memanfaatkan sistem peringatan utilizes proximity.

Helm Pintar
Helm Pintar

Dengan adanya komunikasi dua arah tersebut, maka baik pengendara sepeda dan pengendara mobil akan diperingatkan apabila mereka akan mengalami kecelakaan. Dan diharapkan dengan adanya peringatan tersebut kedua pengendara tidak akan mengalami kecelakaan. Ini gais video simulasi dari helm canggih tersebut.

Volvo sendiri merupakan pabrikan mobil, dimana setiap mobil buatannya mempunyai standar ‘city safety system’. Kerjasama yang melibatkan Volvo, Ericsson, dan POC adalah sesuatu yang penting demi masa depan Volvo yang ingin membuat mobil yang tidak akan bisa menabrak. Maka dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan baik pengendara Volvo dan pengendara sepeda tidak akan saling menabrak.

Helm sepeda pintar tersebut juga dilengkapi dengan lampu, sehingga pengendara lainnya bisa mengetahui jika ada sepeda yang sedang melintas. Tentunya dengan adanya lampu ini akan sangat berguna jika sedang digunakan untuk berkendara di malam hari.

Helm Pintar
Helm Pintar

Namun sayangnya masih belum jelas apakah helm ini hanya bisa dikoneksikan dengan mobil buatan Volvo aja atau apakah bisa dikonesikan juga dengan mobil lainnya. Semoga aja teknologi ini terus dikembangkan, sehingga para pengendera sepeda bisa lebih aman dalam bersepeda, tidak hanya dari ancaman mobil, tapi juga motor.

Gambar: Helm Sepeda Nangkring di Setang Sepeda via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.