Helm Lembab dan Basah Ternyata Bisa Memberi Dampak Buruk Bagi Kesehatan

  • Share
Naik Motor Hujan-Hujan Bikin Helm Basah
Naik Motor Hujan-Hujan Bikin Helm Basah

NGONOO.com – Buat para bikers alias pengendara motor, pasti di saat musim hujan seperti ini merupakan hal yang menyebalkan. Gimana gak menyebalkan kalau mau beraktifitas keluar rumah naik motor eh tau-tau hujan, kan bikin males keluar.

Berbicara soal pengendara motor dan hujan, kalian pernah menemukan helm kesayangan kalian basah kuyup karena kehujanan gak? Kalau udah mengalami kejadian kayak gitu pasti helm menjadi dingin, apalagi saat dipakai di kepala, yang ada malah bikin kepala juga ikutan dingin.

Ternyata nih gais, helm yang basah dan lembab bisa menyebabkan dampak yang tidak baik buat kesehatan loh. Kalau kalian punya helm cadangan sih gak masalah ya, tinggal pakai helm cadangan sementara menunggu helm yang satu lagi kering.

Helm Yang Basah
Helm Yang Basah

Nah kalau seandainya saja kalian hanya punya satu helm dan gak punya cadangan, kalian akan terpaksa menggunakan helm tersebut walaupun basah dan lembab. Tapi kalian harus tau gais, helm yang basah dan lembab bisa menimbulkan penyakit loh.

Saat hujan melanda, bagian helm yang pasti terkena air hujan dan menjadi basah adalah bagian tali pengikat yang melalui rahang. Jika tali tersebut basah ternyata ada bakteri yang juga hinggap di situ gais, yaitu bakteri Staphylococcus.

Bakteri ini bisa menimbulkan penyakit kulit yang gak banget, yaitu panu, kadas, kurap, dan kudis. Nah kalau tali pengikat pada helm dibiarkan basah terus menerus, bisa jadi kalian akan terkena penyakit kulit seperti tersebut di atas.

Tetapi kalau bagian dalam helm yang basah dan lembab, namun kalian tetap menggunakan helm tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka tidak menutup kemungkinan kepala kalian akan gatal-gatal, selain itu bisa juga menyebabkan ketombe. Wah pasti bikin gak pede deh kalau kepalanya udah ketombean.

Lalu bagaimana ya cara untuk mengilangkan bakteri yang ada dalam helm basah dan lembab tersebut? Tinggal dicuci aja gais helmnya. Sekarang kan kebanyakan helm sudah bisa dilepas busa bagian dalamnya tuh, nah itu tinggal dilepas terus dicuci pakai sabun sampai bersih dan dijemur sampai kering.

Namun kalau seandainya saja kalian masih di kantor atau di mall, cara yang paling memungkinkan untuk mengeringkan helm yang basah adalah dengan hand dryer. Itu loh yang biasa buat mengeringkan tangan, yang biasanya ada di toilet. Coba aja dikeringkan pakai itu gais, tapi nanti tetap harus dicuci dengan sabun setelah sampai di rumah.

Atau kalau kalian punya uang, tinggal bawa helm basah ke tempat pencucian helm, kan sekarang udah banyak tuh, tinggal bayar dan helm kalian akan kering, bersih serta wangi.

Gambar: Hujan-Hujan Naik Motor Bikin Helm Basah via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.