Jembatan-Jembatan Dengan Bentuk Mengagumkan Yang Ada di Dunia

  • Share
Jembatan Langkawi Sky
Jembatan Langkawi Sky

Fungsi sebuah jembatan sebenernya simpel ya gais, yaitu menghubungkan suatu tempat dengan tempat yang ada di seberangnya. Biasanya sih jembatan dibangun karena antara dua tempat tersebut dipisahkan oleh sungai, danau, atau laut, sehingga untuk melewatinya sangat susah jika tidak melewati jembatan.Untuk membangun jembatan sendiri dibutuhkan tingkat ketelitian presisi yang tinggi dan bahan baku yang kuat, biar jembatannya gak mudah roboh. Selain itu, untuk sebagian kalangan, bentuk jembatan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Karena bentuk jembatan yang bagus tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk wilayah tersebut.

Mau tau gais jembatan-jembatan dengan bentuk keren dan menakjubkan yang ada di dunia ini? Berikut akan kami berikan beberapa di antaranya, monggo disimak.

1. Bridge of Strings

Bridge of Strings
Bridge of Strings

Bridge of String merupakan jembatan yang ada di kota Jerusalem gais. Jembatan ini disebut juga sebagai Chords Bridge. Arsitek dari Bridge of String ini adalah seorang Spanyol yang bernama Santiago Calavatra. Yang membuat jembatan ini keren adalah adanya senar atau kabel dalam jumlah yang sangat banyak yang menjulang tinggi di angkasa, mungkin karena senar atau kabel dalam jumlah yang sangat banyak itulah maka jembatan ini disebut sebagai Bridge of Spring.

2. Henderson Waves

Henderson Waves
Henderson Waves

Jembatan yang satu ini berada di negara tetangga, yaitu Singapura. Disebut sebagai jembatan  Henderson Waves karena bentuknya yang sangat unik menyerupai ombak yang bergelombang. Jembatan ini merupakan jembatan untuk pedestrian/pejalan kaki gais. Jembatan Henderson Waves merupakan jembatan paling tinggi di Singapura, yaitu berada pada ketinggian 118 kaki di atas permukaan tanah.

3. Rolling Bridge

Rolling Bridge
Rolling Bridge

Jembatan unik lainnya adalah Rolling Bridge yang berada di London gais. Untuk bentuknya sendiri memang terlihat biasa-biasa aja, yang bikin unik adalah jembatan ini bisa dilengkungkan sampai setengah lingkaran. Jembatan untuk pejalan kaki ini hanya akan dilengkungkan jika ada kapal yang akan melintas gais, keren ya?

4. Dragon Bridge

Dragon Bridge
Dragon Bridge

Sesuai dengan namanya, yaitu Dragon Bridge, pada jembatan ini memang terdapat seekor naga. Tapi bukan naga betulan loh ya gais, melainkan naga bohong-bohongan. Saat malam hari tiba, naga tersebut akan menyala dengan sangat terang berkat adanya 2.000 lampu LED yang ada pada naga tersebut. Oh iya, jembatan Dragon Bridge ini terletak di Vietnam gais, tepatnya di kota Da Nang.

5. Nanpu Bridge

Nanpu Bridge
Nanpu Bridge

Jembatan yang ada di kota Shanghai, China ini mempunyai bentuk yang sangat keren. Bentuknya yang spiral mengingatkan kita pada lintasan Tamiya atau lintasan Hot Wheels, ya gak gais?

6. The Helix Bridge

Helix Bridge
Helix Bridge

Satu lagi jembatan di Singapura yang termasuk jembatan dengan bentuk keren, yaitu jembatan The Helix. Desain jembatan yang terkesan rumit ini terinspirasi dari rumitnya bentuk DNA gais, dan dirancang sama arsitek asal Australia, yaitu Cox Group.

7. Langkawi Sky Bridge

Langkawi Sky Bridge
Langkawi Sky Bridge

Langkawi Sky merupakan sebuah jembatan yang ada di Malaysia. Sesuai dengan namanya yaitu Langkawi Sky, jembatan ini benar-benar sangat tinggi gais, yaitu berada pada ketinggian 2.000 kaki di atas permukaan laut. Kalau kalian melintasi jembatan ini maka kalian akan melihat kanopi hutan dengan pemandangan yang sangat mengagumkan. Tapi kalau kalian takut ketinggian pasti jembatan ini akan membuat jantung kalian berdetak lebih kencang dari biasanya.

8. Econtainer Bridge

Econtainer Bridge
Econtainer Bridge

Apa jadinya jika kontainer yang biasanya digunakan untuk mengirim barang sudah tidak digunakan lagi? Biasanya sih bakalan dihancurkan ya gais. Tapi beda halnya dengan yang dilakukan di Israel sana, kontainer yang sudah tidak digunakan lagi malah dijadikan sebuah jembatan. Tentunya jembatan tersebut terdiri dari banyak sekali kontainer, dan hasilnya jembatan kontainer tersebut mempunyai desain gaya hidup kaum urban.

Itu gais beberapa jembatan dengan bentuk mengagumkan yang ada di dunia ini. Mungkin di kota kalian juga ada jembatan dengan bentuk yang mengagumkan? Kalau ada bisa dishare kepada pembaca NGONOO yang lainnya loh gais. Dan semoga aja pemerintah kita juga banyak membangun jembatan dengan bentuk unik dan mengagumkan, biar menjadi ikon pariwisata dan menambah devisa negara gitu gais.

Gambar: Jembatan Langkawi Sky via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.