Ini Kelebihan-Kelebihan Kamera iPhone 6

Radityo | Teknologi | 01 Feb, 2015

NGONOO.com – Kamera yang ditanamkan Apple untuk produk-produk iDevice memang tidak mempunyai ukuran megapixel yang besar, namun hasilnya memang bisa lebih bagus jika dibandingkan dengan kamera lain yang mempunyai megapixel lebih besar. Kenapa kok bisa begitu ya?

Banyak orang yang beranggapan bahwa ukuran megapixel yang lebih besar maka hasil fotonya juga akan terlihat lebih bagus daripada ukuran megapixel yang lebih kecil. Selama ini Apple memang tidak memberikan kamera dengan kapasitas megapixel yang besar untuk iDevice, bahkan untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang termasuk iPhone keluaran paling baru dari Apple.

Untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sendiri Apple hanya memberikan kamera berkapasitas 8 megapixel, hal tersebut tentu saja berbeda dengan para kompetitor lainnya yang berlomba-lomba menyematkan kamera dengan kapasitas megapixel besar di produk-produknya.

Namun apa iya smartphone dengan kapasitas megapixel yang besar bisa mengalahkan kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus yang hanya mempunyai kamera berkapasitas 8 megapixel? Jawabannya adalah tidak selalu, bahkan banyak fotografer profesional malah lebih memilih kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus sebagai “senjata” keduanya dalam mengambil foto.

Tentu saja pemilihan menggunakan kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus bukan tanpa alasan yang jelas. Tetapi karena memang kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus mempunyai banyak kelebihan-kelebihan. Berikut adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

1. Mitos Tentang Megapixel

Seperti yang sudah dikatakan di atas, banyak orang yang beranggapan bahwa besarnya megapixel akan mempengaruhi bagus tidaknya hasil foto, hal itu tidak selalu benar. Baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mempunyai teknologi iSight pada kamera belakangnya yang “hanya” berkapasitas 8 megapixel. Yang harus kalian ketahui bahwa megapixel berarti menandakan kuantitas, bukan kualitas. Apple membuat kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus tidak untuk mengejar jumlah pixel yang besar, namun mengejar besarnya ukuran pixel. Kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus menggunakan pixel yang berukuran 1.5 microns pada f/2.2. Karena ukuran pixel yang besar itulah maka cahaya yang masuk ke kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus lebih banyak, sehingga hasil fotonya lebih bagus. Beda dengan kamera yang kapasitas megapixel-nya besar, karena jumlah pixelnya banyak maka cahaya yang masuk ke kamera akan ditekan, sehingga hasil foto tidak akan menjadi bagus. Berbeda halnya jika hasil foto akan dicetak ke dalam ukuran besar seperti misalnya spanduk/poster, maka besarnya megapixel akan sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang akan dicetak.

2. Mudah Dalam Penggunaan Sehari-hari

Cewek Lagi Motret Pakai iPhone 6

Cewek Lagi Motret Pakai iPhone 6

Kelebihan lainnya yang dimiliki kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus adalah kemudahannya dalam penggunaan sehari-hari. Tidak seperti kamera smartphone lain kebanyakan yang terlalu banyak memberikan setting untuk kondisi-kondisi tertentu (sunrise, landscape, portrait, low light, dan lain sebagainya), kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus sangat mudah digunakan. Tidak perlu menyeting berbagai pengaturan terlebih dahulu, tinggal arahkan kamera ke obyek, tentukan fokus, dan tekan tombol shutter. Udah gitu aja, nanti hasil foto yang pakai iPhone 6/iPhone 6 Plus akan sangat bagus.

3. Semua Serba Otomatis

Lensa Kamera iPhone 6

Lensa Kamera iPhone 6

Kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus mempunyai lensa 5 unsur dengan cover lensa dari crystal sapphire, hybrid IR-filter, dan backside illuminated sensor (BSI) 8 megapixel yang akan menangkap sebanyak mungkin cahaya yang masuk demi kualitas foto yang maksimal. Selain itu sudah dilengkapi juga dengan fitur auto-focus, auto-exposure, dan auto-white balance untuk menghasilkan foto yang tajam, terang, dan mempunyai warna yang semirip mungkin dengan obyeknya. Selain itu Apple juga memberikan teknologi focus pixel. Teknologi ini pada dasarnya akan membuat kamera bisa fokus ke satu titik menjadi lebih cepat, tidak peduli bagaimana kondisi cahaya yang ada. Selain itu, kamera iPhone 6/iPhone 6 Plus juga sudah dilengkapi dengan fitur face detection dan fitur HDR (High Dynamic Range).

4. Tersedia Berbagai Macam Mode

Baik iPhone 6/iPhone 6 Plus sudah bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan mode time-lapse, panorama dengan dynamic exposure, square photos, dan bisa langsung memberikan efek atau filter. Atau buat yang kepengen melakukan kontrol penuh terhadap kamera iPhone6/iPhone 6 Plus bisa mendownload aplikasi manual camera, dimana aplikasi ini bisa mengontrol beberapa settingan layaknya kamera profesional, seperti focus, exposure, dan color balance.

Begitulah kelebihan-kelebihan dari kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang bisa kami berikan buat kalian, sapa tau bisa jadi pertimbangan buat kalian yang mau membeli kedua iDevice tersebut.

Gambar: Shutterstock.com">Cowok Lagi Motret Tanaman Pakai iPhone 6 via Shutterstock