Ini Dia Restoran McDonald Pertama Di Dunia

  • Share

NGONOO.com РBro n sest pasti tau dong McDonald, restoran makanan cepat saji yang paling terkenal di dunia. Resto yang mempunyai maskot badut bernama Ronald ini emang terkenal dengan produk hamburgernya yang jadi favorit banyak orang di berbagai negara.

Restoran ini pun bisa dengan mudah ditemui di mall-mall dan di berbagai kota besar di seluruh dunia. Tapi bro n sest pernah ngebayangin ga gimana bentuk pertama restoran cepat saji terbesar ini? Yuk kita intip dulu sejarahnya ūüôā

Dulunya pemilik McDonalds memulai bisnis makanannya hanya dari sebuah kios kecil. Awalnya Hamburger bukanlah menjadi sajian utama dari restoran milik Dua bersaudara Dick dan Mac McDonald ini. Restoran milik mereka justru dikenal dengan restoran barbeque. Restoran ini mulai beroperasi pada tahun 1940 bertempat di 1398 North E Street at West 14th Street di San Bernardino, California.

restoran pertama Mcdimage via Amusingplanet.com

Pada Oktober 1948, dua saudara McDonald menyadari bahwa sebagian besar keuntungan mereka malah berasal dari menjual hamburger, dua bersaudara ini kemudian menutup restoran barbeque mereka dan mulai membuka kios drive-in yang hanya menjual hamburger, keripik kentang, dan jus jeruk. Tahun berikutnya, kentang goreng dan Coca-Cola ditambahkan ke dalam menu.

restoran pertama mcd 1image via Amusingplanet.com

Kemudian pada tahun 1953 saham McDonald dibeli oleh Ray Kroc. Ray Kroc pun bekerjasama dengan McDonald bersaudara untuk mengembangkan restoran ini agar lebih besar. Dan pada 15 April 1955 Kroc resmi membuka restoran McDonald yang lebih modern di Des Plaines, Illinois, dekat Chicago. Sejak saat itu restoran ini menjadi restaoran waralaba yang memiliki banyak cabang di seluruh dunia.

restoran Mcd pertama
image via Amusingplanet.com

Nah awalnya dulu maskot restoran ini bukanlah Ronald seperti yang kita kenal sekarang. Maskot mereka dulunya bernama Speede, yaitu seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede baru digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.

Sampai sekarang restoran di Des Plaines ini masih terawat. Karena telah dianggap menjadi simbol dimulainya bisnis besar waralaba McD, restoran tersebut kemudian direnovasi untuk dijadikan Museum McDonalds.

museum mc dimage via Amusingplanet.com

McDonalds via Bikeworldtravel / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.