9 Fakta Unik Tentang Ang Pao

  • Share

NGONOO.com – Tahun baru Cina atau yang lebih dikenal dengan perayaan Imlek adalah hari yang dinanti-nanti oleh para warga keturunan Tionghoa. Bagi warga keturunan Tionghoa perayaan imlek sudah seperti perayaan-perayaan hari besar keagamaan lainnya yang dirayakan dengan penuh kehangatan dan kebersamaan.

Selain kebersamaan bersama keluarga, ada lagi ni satu hal yang paling ditunggu-tunggu pas perayaan imlek. Apalagi kalau bukan Ang Pao. Itu tuuh amplop berwarna merah yang di dalamnya berisi uang. Sebenarnya Ang Pao bukan hanya dibagikan waktu imlek, pas hari-hari bahagia lainnya pun warga Tionghoa juga membagikan Ang Pao. Hanya saja, pada saat Imlek lebih banyak lagi orang akan membagikan Ang Pao ke sanak saudaranya.

Tradisi zaman dulu, seorang anak harus sujud dan mengucapkan Gong Xi Fat Cai dan mendoakan agar orang tua sehat, sejahtera, dan dikaruniai banyak berkat untuk mendapat Ang Pao dari orang tuanya atau orang yang lebih dituakan lainnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut sudah agak berubah. Anak hanya perlu menyalami dan mengucapkan Gong Xi Fat Cai tanpa perlu bersujud. Ya walaupun masih ada beberapa keluarga yang masih melaksanakan tradisi tersebut.

shutterstock_250342912Ang Pao via Shutterstock

Biar lebih tau tentang seluk beluk Ang Pao, berikut ini adalah fakta-fakta unik tentang Ang Pao, cekidot:

1. Ang Pao hanya bisa diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada para anak-anak ataupun saudara yang belum menikah.

2. Orang yang sudah bekerja namun masih belum menikah, tidak diperbolehkan memberikan Ang Pao pada orang lain. Hal tersebut dianggap akan menjauhkan jodoh mereka. Jadi buat para jomblo jangan khawatir, kalian ga wajib kasih Ang Pao ke siapa-siapa kok daripada nanti jodohnya malah tambah jauh :p

3. Seorang anak harus memberikan Ang Pao pada orang tuanya setelah dia mempunyai keluarga nantinya.

4. Anak yang sudah menikah, ternyata tetap akan menerima Ang Pao. Akan tetapi, ia hanya menerima dari orang tuanya saja.

5. Tidak boleh mengisi Ang Pao dengan jumlah uang yang mengandung angka 4, seperti 4.000, 40.000, 140.000, dan lainnya. Karena angka 4 menurut kepercayaan warga keturunan Tionghoa berarti kematian.

6. Jumlah uang yang akan diberikan di dalam Ang Pao pun tidak boleh ganjil karena hal tersebut berhubungan dengan pemakaman.

7. Kata-kata yang biasa terdapat dalam Ang Pao biasanya berupa kata-kata keberuntungan, kemakmuran, dan umur panjang yang berarti doa dari pemberi Ang Pao.

8. Ang Pao yang ada saat ini kebanyakan sudah dibuat dengan menggunakan alat percetakan, dan bukan lagi buatan tangan seperti dulu.

9. Di negara-negara lain, Ang Pao memiliki julukan yang berbeda. Di Vietnam, Ang Pao dinaman Li Xi atau Phong Bau Mung Tuoi yang berarti amplop tahun baru. Thailand bisa menyebutnya Ang Pow atau Tae Ea. Sedangkan di Jepang disebut Otishidama dan Ang Pao di Jepang biasanya berwarna putih.

Nah udah tau kan fakta-fakta tentang Ang Pao, sekarang saatnya buat bro n sest siap-siap untuk berburu Ang Pao!

Gong Xi Fat Cai 😀

Ang Pao via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.