Makanan-makanan Ini Bisa Awet Tanpa Harus Masuk Kulkas

  • Share

NGONOO.com – Banyak orang menganggap bahwa kulkas atau lemari pendingin adalah sebuah tempat untuk menyimpan segala jenis bahan makanan agar lebih awet. Tapi ternyata gaes, ada beberapa jenis bahan makanan yang jika disimpan di kulkas malah cepet busuk, maupun mengurangi tekstur dan rasa aslinya.

Nah berikut ini kita kasih tau beberapa bahan makanan yang sering kita temui sehari-hari yang bisa tetap awet tanpa harus disimpan di dalam kulkas.

1. Tomat

Buah yang sering dipakai untuk pelengkap makanan ini kalau dimasukan ke dalam kulkas atau lemari pendingin akan mengurangi rasa dan teksturnya. Tomat akan lebih baik jika diletakkan di mangkuk atau keranjang pada suhu ruang.

2. Kentang

Menyimpan kentang di dalam kulkas akan merubah rasa dari dan membentuk kentang menjadi berpasir. Jadi, lebih baik simpan kentang dengan menggunakan kantung kertas di tempat yang gelap. Jangan menggunakan plastik untuk mengurangi kelembaban.

3. Pisang

shutterstock_78558160pisang via Shutterstock

Buah yang mengandung banyak vitamin ini baik disimpan di tempat yang bertemperatur sedang agar pisang bisa matang dengan sempurna. Menyimpan pisang di dalam kulkas memang membuat pisang akan semakin cepat matang tapi dapat merubah warnanya tampilannya menjadi coklat.

4. Roti

Roti basah juga baiknya di simpan di tempat bersuhu kamar. Karena apabila roti disimpan di dalam kulkas, tekstur roti akan mengering dan membuatnya mengeras. Jadi ga enak lagi deh.

5. Bumbu Masak

Bumbu masak juga ga perlu ditempatkan dalam kulkas maupun lemari pendingin. Tempat yang kedap udara, sejuk, dan kering merupakan tempat cocok untuk bumbu masak, seperti di dalam toples. Karena tempat kedap udara akan melindungi mereka dari kelembaban dan oksidasi.

6. Kopi

Kulkas atau lemari pendingin lainnya akan menyerap rasa dan wangi dari kopi. Jadi, sebaiknya letakkan kopi di tempat yang sejuk dan dalam toples gelap agar rasa dan wanginya tetap terjaga.

7.  Madu

shutterstock_129565238madu via Shutterstock

Tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari lebih cocok sebagai tempat menyimpan madu daripada di dalam lemari pendingin. Karena jika menyimpan madu di kulkas bisa membuat tekstur madu menjadi mengkristal.

kulkas via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.