Kumpulan Stadion Sepakbola Termegah Yang Ada Di Indonesia

Stadion Termegah di Indonesia
Stadion Termegah di Indonesia

NGONOO.com – Stadion sepakbola yang ada di Indonesia memang tidak begitu banyak hanya terdapat 27 stadion yang tersebar di seluruh Nusantara. Diantara ke 27 stadion tersebut ada beberapa stadion yang bisa disebut termegah dan berkapasitas besar dan dijadikan home base bagi klub Indonesia Super League.

Di tahun 2014, Indoneia mempunyai stadion anyar yang bertaraf intenasional dengan diberi nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang bertempat di Bandung. Ditahun 2012 Riau juga berhasil membangun stadion yang bertaraf internasional. Sebelumnya Indonesia sudah mempunyai stadion utama kebanggan masyarakat Gelora Bung Karno yang berdiri sejak 1960.

Berikut daftar stadion berkapasitas terbesar dan termegah yang ada di Indonesia.

  • Gelora Bung Karno

Di urutan pertama tentu saja ada Stadion Utama GBK (gelora bung karno). Walaupun sudah semakin tua dan bisa dibilang kalah pamor dari stadion anyar di Indonesia, namun nilai sejarah stadion ini tidak bisa terbantahkan. Berdiri sejak tahun 1960, stadion ini mampu menampung 80.000 orang lebih dan mencapai batas maksimal hingga 100.000.

Selain itu, stadion ini menjadi kedua terbesar di Asia dan dijadikan kandang bagi timnas Indoenesia dan Persija Jakarta yang tergusur dari stadion lebak bulus di tahun 2007.

gelora bung karno
gelora bung karno
  • Stadion Gedebage Bandung

Stadion yang dibuka pada tahun 2013 silam, kini menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia. Stadion berkapasitas 55.000 lebih ini akan menjadi stadion kebanggan bagi masyarakat Bandung setelah stadion Si Jalak Harupat. Stadion ini di persenjatai oleh rumput yang bertaraf internasional dan juga kabaranya stadion megah ini bakal diberi papan billboard led di pinggir lapangan kek di Stadion Eropa sana.

Stadion Gede Bage
Stadion Gede Bage
  • Stadion Utama Riau Pekanbaru

Mungkin stadion ini terlalu asing ditelinga, tapi stadion ini pernah menjadi tempat di selenggarakannya PON RIAU dan juga Kualifikasi Piala Asia u22 Riau. Stadion bertaraf Internasional ini dibangun pada tahun 2012 silam dengan memiliki kapasitas sekitar 45.000 penonton. Memiliki aritektur megah Eropa, stadion ini lebih mirip markas Bayern Munchen, Allianz Arena.

Stadion Utama Riau Pekanbaru
Stadion Utama Riau Pekanbaru
  • Stadion Aji Imbut Tenggarong

Markas dari Mitra Kukar ini menjadi stadion termegah selanjutnya. Mampu menampung lebih dari 35.000 penonton, stadion ini memiliki kontruksi yang unik dengan lebih banyak menggunakan besi di bagian atasnya. Diresmikan pada tahun 2009, arsitektur modern dengan standard internasional dan memiliki fasilitas stadion yang memadai. Ditambah dengan rumput kualitas impor.

Stadion aji imbut
Stadion aji imbut
  • Stadion Jakabaring Palembang

Stadion kebanggan masyarakat Palembang ini mungkin sudah tidak asing lagi. Yap, stadion ini sudah sering digunakan untuk acara-acara besar semacam Asian Games, PON maupun laga final liga domestik. Dibuka pada tahun 2004 dengan memiliki kapasitas 40.000 penonton, tempat ini menjadi markas dari tim asal Palembang, Sriwijaya FC.

 

Gambar: Stadion Megah via Shutterstock 

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.