Dubai Akan Operasikan Robot Polisi Mulai Tahun 2017

  • Share

NGONOO.com – Kalo biasanya kita melihat robot polisi hanya dalam sebuah film, maka sebentar lagi kita akan bisa melihatnya di dunia nyata. Karena ga lama lagi pihak kepolisian Uni Emirat Arab akan menggunakan robot-robot sebagai penegak hukum. Konon para robot tersebut sudah dibekali kecerdasan buatan yang membuatnya bisa berinteraksi dengan manusia. Wiih pasti keren ya gaes.

Robot-robot tersebut adalah bagian dari perwujudan kota pintar yang digagas oleh otoritas setempat. Dengan populasi kecil namun sumber dana yang cukup besar, maka sudah sewajarnya Dubai menargetkan mereka jadi kota pintar pertama di dunia yang menggunakan teknologi terkini, termasuk robot.

shutterstock_103750970Robot polisi (Ilustrasi via Shutterstock)

Menurut kolonel Khalid Nasser Alrazooqi dalam sebuah konferensi keamanan di Dubai beberapa waktu yang lalu, robot yang akan digunakan kepolisian Dubai nantinya adalah robot yang bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang dan wisatawan. Mereka akan memiliki layar interaktif dan mikrofon yang terhubung ke call center Polisi Dubai. Orang tidak hanya dapat mengajukan pertanyaan dan menyampaikan keluhan, tetapi mereka juga akan terhibur saat berinteraksi dengan robot.

“Itu akan menjadi robot cerdas yang sepenuhnya dapat berinteraksi tanpa intervensi manusia sama sekali. Ini masih dalam penelitian dan pengembangan,” tambah kolonel Alrazooqi. Sehingga perkiraan baru akan dioperasikan pada tahun 2017 nanti.

Alrazooqi juga mengklaim bahwa nantinya robot yang akan dioperasikan ga cuma robot polisi yang berurusan dengan hukum saja, tapi mereka juga akan mengoperasikan berbagai jenis robot untuk keperluan pelayanan publik lainnya.

Ambisi Dubai untuk menjadi kota pintar selain ditunjukkan dengan rencana pengoperasian robot polisi, beberapa teknologi juga sudah mulai diterapkan dalam pelayanan publik. Salah satunya adalah, sejak tahun laluDubai sudah melengkapi petugas hukum mereka dengan kacamata pintar Google Glass. Kamera pada kacamata tersebut langsung dihubungkan dengan sistem pemantau di kantor polisi. Jadi ada pelanggaran apa pun, para aparat bisa langsung cepat bertindak. Bukti rekaman juga bisa dijadikan data untuk melaporkan sebuah kejahatan.

Nah, Indonesia sendiri kapan nih bisa segera nyusul bikin pasukan polisi robot kaya yang mau dibikin Dubai ituu? Jangan mau kalah dong :p

dubai via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.