Beberapa Produsen Smartphone Dikabarkan Tertarik Menggunakan Chipset 10-Core Helio X20

  • Share
Logo MediaTek
Logo MediaTek

NGONOO.com – Belum lama ini MediaTek resmi memperkenalkan chipset terbaru buatannya, yakni chipset 10-core Helio X20. Chipset ini merupakan chipset papan atas loh gais.

Selama ini MediaTek hanya membuat chipset untuk smartphone kelas entry-level dan mid-range saja, namun dengan 10-core Helio X20, MediaTek akan siap memasuki pasar smartphone kelas high-end.

MediaTek Helio X20
MediaTek Helio X20

Nah, kira-kira produsen mana saja ya yang tertarik untuk menggunakan chipset baru buatan MediaTek tersebut? Ternyata cukup banyak loh gais. Menurut Digitimes, para produsen tersebut adalah Sony, LG, HTC, Lenovo, Xiaomi, ZTE, Huawei, dan Meizu.

Eh, tapi apa sih chipset 10-core Helio X20 ini? Jadi gini gais, chipset ini merupakan chipset pertama di dunia yang menggunakan 10 buah core dalam tatanan tri-cluster dan dibuat dengan teknologi 20nm.

Untuk cluster pertama terdiri dari 1,4GHz quad-core Cortex-A53, cluster kedua terdiri dari 2GHz quad-core Cortex-A53, dan cluster yang terakhir atau cluster ketiga terdiri dari 2,5GHz dual-core Cortex-A72.

Selain itu, Chipset 10-core Helio X20 juga dibekali dengan pengolah grafis Mali T-800 yang diklaim mampu mendukung layar dengan tingkat resolusi QHD.

Chipset baru buatan MediaTek tersebut diharapkan sudah siap diaplikasikan untuk smartphone-smartphone baru yang diluncurkan kuartal pertama tahun depan.

Smartphone manakah yang pertama kali akan mengusung chipset 10-core Helio X20? Kita tunggu saja perkembangan berita selanjutnya gais.

Gambar: Logo MediaTek via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.