Mau Jadi Agen FBI? Penuhi Dulu Syarat-syarat Ini

  • Share

NGONOO.com – Di film-film Hollywood pasti sering banget tuh muncul tokoh-tokoh yang berperanb sebagai Biro Investigasi Federal Amerika Serikat, atau lebih sering disebut FBI. Dalam film-film Hollywood, para agen FBI tersebut sering digambarkan adalah pria maupun wanita berpakaian serba hitam-hitam, berbadan tegap dan proposional, cerdas, kuat, dan pastinya jago bela diri.

Itu tadi sedikit penggambaran sosok agen FBI di film-film, tapi bro n sest pernah ga sih kepikiran gimana sosok agen FBI di dunia nyata? Apakah sama juga seperti yang digambarkan di film-film? ATau bahkan bro n sest malah penasaran sama syarat-syarat untuk bisa bergabung menjadi agen FBI?

shutterstock_48836032ilustrasi agen FBI via Shutterstock

Nah ternyata penggambaran agen FBI di film-film emang ga jauh beda dibandingkan dengan agen FBI di dunia nyata. Harus punya fisik yang kuat dan ketrampilan-ketrampilan membela diri dan menyerang lawan. Oleh karena itu untuk jadi agen FBI di dunia nyata itu ga mudah gaes, ada banyak syaratnya.

Belum lama ini FBI, kembali menambahkan persyaratan baru dalam perekrutan calon agen. Salah satu tes yang harus dijalani para pelamar adalah tes kebugaran. Direktur FBI James Comey mengatakan tes tersebut dibutuhkan karena nyawa agen dan rakyat Amerika bergantung pada bugar tidaknya seorang agen. Tentu saja selain tuntutan kemampuan berlari, bertarung, dan menembak dari para calon agen.

Tes kebugaran sebenarnya sudah menjadi syarat FB pada masa 1980-an. Tes itu dihilangkan pada 1999 untuk evaluasi efisiensi. Tes kebugaran kembali mengemuka karena banyak agen FBI yang stres dan tak bisa menjaga kebugaran tubuh seusai tragedi serangan teroris 9/11 (11 September 2001). Sebanyak 13.500 agen FBI harus menjalani kembali tes kebugaran yang berlangsung hingga Oktober mendatang. Pencetus ide tes ini adalah Direktur FBI pertama, J. Edgar Hoover, yang terobsesi akan berat badan.

Untuk mengetes kebugaran para agen dan calon agen, ada sejumlah gerakan yang harus dilakukan lho gaes. Syarat tersebut bervariasi antara perempuan dan laki-laki juga tergantung jenis kelamin dan usia. Dan berikut rangkaian tes kebugaran buat yang pengen ngelamar jadi agen spesial FBI. Bro n sest tertarik nyobain? Boleh lho, siapa tau kalo bro n sest bisa memenuhi syarat kebugaran ini nanti bisa langsung masukin lamaran ke FBI 😀

Laki-laki, usia 20-29 tahun, harus bisa melakukan:
– 38 situp per menit
– 29 pushup tanpa jeda
– Lari jarak 300 meter dalam 59 detik
– Lari jarak 1,5 mil atau 2,4 kilometer dalam waktu 12 menit 29 detik

Perempuan, usia 20-29 tahun, harus bisa melakukan:
– 32 situp per menit
– 15 pushup tanpa jeda
– Lari jarak 300 meter dalam waktu 71 detik
– Lari jarak 1,5 mil atau 2,4 kilometer dalam waktu 15 menit dan 5 detik

Laki-laki, usia 50-59 tahun, harus bisa melakukan:
– 24 situp per menit
– 13 pushup tanpa jeda
– Lari jarak 300 meter dalam waktu 83,2 detik
– Lari jarak 1,5 mil atau 2,4 kilometer dalam waktu 15 menit dan 14 detik

Perempuan, usia 50-59 tahun, harus bisa melakukan:
– 14 situp per menit
– 5 pushup tanpa jeda
– Lari jarak 300 meter dalam waktu 113,2 detik
– Lari jarak 1,5 mil atau 2,4 kilometer dalam waktu 19 menit dan 10 detik

gambar FBI via Gil C / Shutterstock.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.