Hasil Piala Presiden 2015: Persib Bandung Lolos ke Partai Final, Jakmania Tolak Final Digelar di Jakarta, Lah Kenape?

NGONOO.com – Persib Bandung akhirnya meraih tiket final setelah menaklukan Mitra Kukar dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (10/10) malam. Dengan lolosnya Persib ke partai puncak, kelompok suporter Persija Jakarta, Jakmania menolak dengan keras final Piala Presiden 2015 digelar Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kenapa yak?

Seperti diketahui, Persib Bandung adalah salah satu tim dengan basis suporter terbesar di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Bobotoh. Dan sudah bukan rahasia lagi jika hubungan kedua suporter tersebut tidak terjalin dengan baik. Banyak kasus kerusuhan yang sudah terjadi antara Jakmania dan Bobotoh.

Untuk itu Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad meminta kepada pihak penyelenggara segera mempertimbangkan kembali pertandingan final yang akan diselenggarakan di Jakarta tersebut.

“Dalam beberapa hari terakhir, pihak Kepolisian sudah mengundang Pengurus Pusat membahas terkait rencana final yang akan berlangsung di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut kami merekomendasikan kepada kepolisian dan tentu saja Mahaka untuk bisa mempertimbangkan ulang agar laga Final tidak berlangsung di Jakarta,” seperti dikutip dari Kompas.

Promotor pertandingan, Mahaka Sports and Entertainment sejauh ini sudah bekoordinasi dengan Mabes Polri agar bisa menggerlar pertandingan final di Jakarta. Dan pada hri Senin (12/10) besok, Hasani Abdulgani selaku CEO Mahaka akan kembali mendatangi Mabes polri untuk meminta kepastian keamanan.

Selain di Jakarta, ada pilihan lain untuk tempat pertandingan partai final. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali menjadi opsi lain jika di Jakarta tidak mendapatkan izin.

Sebenarnya jika melihat kebelakang, ada sebuah tragedi dimana saat Persib Bandung melakoni laga tandang ke Jakarta sekelompok suporter yang dicurigai Jakmania melempari bus Persib dengan batu. Mungkin hal itulah yang tidak diinginkan kembali terulang oleh Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad.

penyerangan bus persib via merdeka
penyerangan bus persib via merdeka

Mungkin juga ada gengsi juga dimana tim kebanggan mereka Persija Jakarta tidak bisa lolos ke partai final.

Bagaimana pendapat kamu?

Responses (4)

  1. Mungkin the jak mania iri kepada bobotoh karena tim kebanggaan bobotoh(Persib) bisa sampai grand final, Sedangkan Persija jakarta tidak lolos fase group, bahkan menjadi juru kunci…?

    1. iya bisa jadi karena itu juga
      tapi yang paling ditakutkan ketua jakmania adalah kejadian tahun lalu pas bus persib diserang oknum

  2. Makanya yth ketua bserta anggotanya harus lbh dewasa bsa mnertibkan d’jak…utk operator panpel n aparat keamanan hrs bsa mlindungi mlayani n mngayomi,,,utk bobotoh jaga sikap agar santun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.