ASUS Zenfone Max Pro M2

Bursa Transfer Musim Dingin Gak Seramai Musim Panas?

NGONOO.com – Kurang lebih dua pekan lagi jendela transfer musim dingin akan segera di buka. Awal Januari 2016 menjadi bulan berburu pemain baru bagi pelatih, setelah melihat kekurangan tim selama berjalannya paruh pertama. Biasanya pelatih akan mencari sosok yang sekiranya tepat untuk melengkapi skuad mereka.

Beberapa klub top Eropa seperti Manchester City, Liverpool, Chelsea, Real Madrid dan klub-klub lainnya dikabarkan tengah bersiap merekrut pemain anyar bulan Januari nanti. Bukan hanya membeli, biasanya klub hanya akan meminjam separuh musim guna mencapai target tim di akhir musim.

Namun, pergerakan pemain di bursa transfer musim dingin tak selamanya menarik jika dibandingkan dengan musim panas. Jendela trnasfer musim panas memang selalu panas di setiap musim, lalu kenapa Transfer Musim Dingin Tak Semenarik Musim Panas? Berikut alasannya.

Tak seheboh Musim Panas

mario mandzukicc menandatangani kontrak

mario mandzukicc menandatangani kontrak

Jendela transfer musim dingin tak selamanya memberikan kejutan dengan berpindahnya pemain top. Kebanyakan pemain yang berpindah atau di pinjamkan adalah pemain muda dan pemain yang belum mempunyai nama besar.

Para klub biasanya akan membelanjakan uang mereka di akhir musim atau ketika jendela musim panas di buka. Tapi akan beda ceritanya jika klub tersebut tengah dalam masa kesulitan seperti Chelsea musim ini. Mou rencananya akan membuang beberapa pemain dan membeli pemain baru di bursa transfer bulan Januari nanti.

 

Klub Elit Jarang Terlibat

Real Madrid

Real Madrid

Transfer musim dingin nanti kemungkinan takan melibatkan klub etli, kecuali mereka yang tengah terseok-seok. Jangan mengharapkan terlalu banyak klub mapan seperti Real Madrid dan Barcelona akan belanj pemain di Januari nanti. Apalagi Barca sudah mendapatkan dua pemain yang akan bermain di awal tahun nanti.

Klub yang biasanya membeli atau meminjam pemain adalah klub yang berada di papan tengah ke bawah. Mereka mencari pemain yang bisa membantu klub untuk lolos dari zona merah.

Banyak Pertimbangan

Radamel Falcao

Pelatih harus mempertimbangkan resiko yang akan terjadi jika membeli pemain di tengah musim. Selain memperimbangkan apakah pemain itu cocok atau tidak dengan klub, ada yang lebih penting yaitu peraturan yang tidak memperbolehkan klub memainkan pemain yang masih terlibat aktif dengan klub lainnya karena si pemain sudah terdaftar di Liga Champions atau Europa League. Jadi si pemain hanya bisa di mainkan di liga domestik doang.

Lebih Baik Meminjam daripada Membeli

Montoya Berseragam Inter

Yaa opsi ini biasanya di pilih oleh klub papan tengah hingga bawah untuk meminjam pemain dari tim papan atas karena di klub asalnya jarang mendapatkan jam bermain dan hanya memanskan bangku cadangan. Klub yang meminjamkan juga akan merasakan hasilnya karena si pemain bisa lebih berkembang. Ini salah satu faktor yang menjadikan bursa transfer musim dingin jadi kurang begitu menarik.

Keterbatasan pemain

Klub elit biasanya hanya akan membeli atau meminjam pemain jika ada pemain sesuai kriteria yang tersedia di bursa transfer musim dingin. Dan kebanyakan klub takkan melepas pemainnnya andalanya, apalagi ketika kompetisi masih bergulir. Akan sangat beresiko melepas pemain andalan, pasalnya pasti akan menggangu kesetabilan klub itu sendiri.

Apakah transfer musim dingin nanti akan ada hal yang menarik? Atau malah sama saja dengan musim-musim sebelumnya? Kita tunggu saja

via ftb90

 

Gambar: Depay via Manchester United