Saat Bermain Game, Snapdragon 820 Lebih Cepat Panas Ketimbang Exynos 8890?

NGONOO.com – Hal yang paling mengesankan adalah ketika dua chip seri tertinggi dari dua vendor berbeda di adu untuk bermain game, mana yang akan cepat panas? Kalau kamu pernah mengikuti postingan mimin sebelumnya, kita pernah menguji kecepatan akses aplikasi antara Snapdragon 820 dan Exynos 8890 pada Samsung Galaxy S7, alhasil Samsung Galaxy S7 dengan chipset Exynos 8890 lebih cepat aksesnya.

Uji coba ini nanti akan dilakukan oleh LG G5 yang menggunakan Snapdragon 820, Samsung Galaxy S7 dengan Exynos 8890 dan terakhir ada Nexus 6P yang menggunakan Snapdragon 810, yang kabarnya Snapdragon 810 ini lebih cepat panas. Daripada penasaran mari kita simak bersama.

Pertama yang perlu kita ketahui adalah, ketiga smartphone ini sudah menjalankan fungsi stress test CPU & GPU menggunakan 3DMark Slingshot dan GeekBench 3, lengkap dengan aplikasi khusus untuk memantau temperatur yang dihasilkan setelah menjalani stress test dengan sensor yang terdapat pada smartphone, juga sebuah termometer eksternal di bagian terpanas dari panel belakang ponsel.

LG G5

Setelah digunakan untuk bermain game selama 20 samapi 25 menit, hasilnya adalah LG G5 mengalami penurunan performa GPU hingga 40% gaes, sementara Samsung Galaxy S7 hanya kehilangan performa sebesar 25% saja. Sedangkan yang terjadi pada Nexus 6P adalah, mengalami penurunan performa GPU paling parah jika dibandingkan dengan kedua smartphone tadi.

Uji performa ini dilakukan oleh Tim Nordic Hardware, yang menyimpulkan kalau GPU Adreno 530 merupakan penyebab utama panas pada Snapdragon 820, sehingga mengalami penurunan performa GPU setelah digunakan secara intens dalam waktu yang terbilang lama. Sedangkan Exynos 8890 lebih stabil jika digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Yang perlu diperhatikan adalah, kamu sebagai pengguna smartphone dengan prosesor Snapdragon 820 usahakan untuk bermain game jangan terlalu lama, sebab hape akan cepat panas dan bisa mempengaruhi kualitas baterai yang tidak akan tahan lama, apalagi pas dibuat main game-game dengan grafik yang sangat berat, pastilah tambah parah.

Memang setiap chipset memiliki celah, namu mimin belum menemukan celah yang terdapat pada Exynos 8890, bukan maksud mimin membela produsen lain lho gaes. 😀

via gsmarena & nordichardware

Onky

Onky

Total posts created: 1500

2 thoughts on “Saat Bermain Game, Snapdragon 820 Lebih Cepat Panas Ketimbang Exynos 8890?”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *