ads

15 Smartphone Dengan Kualitas Kamera Terbaik Sepanjang Tahun 2016

Onky | Berita | 29 Dec, 2016

NGONOO.com – Selain urusan dapur pacu dan desain yang elegan, salah satu faktor kenapa konsumen membeli smartphone adalah soal kualitas kameranya gaes. Smartphone dengan dapur pacu mumpuni namun kualitas kameranya tidak sesuai mungkin konsumen akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Nah, sekarang ane mau ngasih informasi seputar smartphone dengan kualitas kamera terbaik nih gaes sepanjang tahun 2016. Pasti kamu penasaran dong, siapa saja yang menduduki posisi teratas untuk smartphone dengan kamera terbaik? Daripada penasaran yuk langsung aja kita caritahu.

15. Apple iPhone 6s Plus

Kita mulai dari posisi terakhir dulu ya gaes, posisi ke-15 ditempati oleh Apple iPhone 6s Plus. Handset ini dibekali kamera belakang beresolusi 12MP aperture f/2.2, phase detection autofocus, OIS, Dual LED (dual tone) Flash dan sudah mendukung 4K video recording.

Total score yang didapatkan oleh iPhone 6s Plus sama dengan beberapa smartphone lain seperti, Google Nexus 6P, Moto Z Droid, Moto G Plus dan Moto Droid Turbo 2. Posisi smartphone ini sejajar dengan kualitas kamera yang terdapat pada iPhone 6s Plus.

14. LG V20

LG V20 berada di posisi ke-14 dengan peraihan skor 85. Flagship ini dibekali dengan dual camera di bagian belakang, memiliki resolusi 16MP aperture f/1.8 dan 8MP aperture f/2.4, laser autofocus, OIS dan LED flash.

13. Huawei Mate 9

Meski belum lama dirilis, Huawei Mate 9 masuk dalam 15 Smartphone dengan kualitas kamera terbaik tahun 2016. Huawei Mate 9 secara khusus menghadirkan kamera yang dalam pengerjaannya bekerjasama dengan Leica, dual camera tersebut masing-masing beresolusi 20MP dan 12MP aperture f/2.2, OIS, 2x Zoom, phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash.

12. Samsung Galaxy S6 Edge

Selanjutnya di posisi ke-12 di tempati oleh Samsung Galaxy S6 Edge, smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 16MP aperture f/1.9, OIS, auto focus dan LED flash. Resolusi kamera 16MP ini menjadi andalan Galaxy S6 Edge, pasalnya hadir dengan bukaan f/1.9 1.12 µm pixel size 28mm.

11. Samsung Galaxy Note 5

Meski sudah dirilis setahun lalu, Galaxy Note 5 masih menjadi idola sebagian kalangan. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 16MP aperture f/1.9, beberapa pendukung fitur kamera juga mirip dengan yang digunakan oleh Galaxy S6 Edge.

10. LG G5

LG G5 adalah smartphone dengan desain modular, salah satu handset premium yang menurutku adalah revolusioner gaes. Mungkin baru LG yang berani mengusung desain modular, baterai yang bisa diganti dengan mudah dan bisa ditambahkan dengan aksesoris lain.

LG G5 masuk dalam jajaran smartphone dengan kamera terbaik sepanjang tahun 2016. Smartphone ini dilengkapi dengan dual camera di bagian belakang, masing-masing beresolusi 16MP aperture f.1,8 dan 8MP aperture f/2.4, laser autofocus, OIS (3-axis), LED flash.

9. Apple iPhone 7

Diposisi ke-9 ditempati oleh jagoan baru dari Apple, iPhone 7 menjadi salah satu handset dengan kamera terbaik tahun ini gaes. Apple iPhone 7 dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 12MP aperture f/1.8, phase detection autofocus, OIS, dan quad-LED (dual tone) flash.

8. Sony Xperia Z5

Jajaran smartphone Sony sepertinya masih menjadi idola untuk penggemar fotografi, salah satu yang masuk dalam daftar smartphone dengan kamera terbaik tahun 2016 adalah Sony Xperia Z5. Smartphone ini sudah diperkenalkan September tahun lalu, meski terbilang sudah lama namun penggemarnya masih tetap setia.

Sony Xperia Z5 membawa kamera belakang beresolusi 23MP aperture f/2.0, phase detection autofocus dan LED flash. Sony memang selalu mengedepankan kamera berkualitas untuk flagship yang dirilisnya dan juga jeroan sebagai pendukung kamera apik yang dibawanya.

7. Sony Xperia XZ

Selanjutnya masih dari Sony gaes, kali ini di posisi ke-7 ada Xperia XZ. Smartphone ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 23MP aperture f/2.0, 22mm, EIS (gyro), phase detection autofocus, laser autofocus dan LED flash. Gak cuma bagian belakang yang memiliki kamera beresolusi besar, bagian depan juga terdapat kamera beresolusi 13MP dengan aperture f/2.0 22mm.

6. Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Semakin dekat dengan posisi teratas, di posisi ke-6 ada Galaxy S6 Edge+. Smartphone ini juga membawa kamera berkualitas gaes, pada bagian belakang beresolusi 16MP aperture f/1.9, OIS, autofocus dan LED flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera beresolusi 5MP aperture f/1.9.

5. Moto Z Force Droid

Moto Z Force adalah flagship yang diluncurkan oleh Lenovo pada pertengahan tahun 2016. Ketika dirilis Lenovo juga membekali berbagai aksesoris Moto Mod untuk perangkatnya ini. Smartphone ini dibekali kamera utama yang nggak main-main gaes, untuk keperluan fotografi terdapat kamera belakang beresolusi 21MP aperture f/1.8, laser & phase detection autofocus, OIS dan dual-LED (dual tone) flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera beresolusi 5MP aperture f/2.2.

4. Sony Xperia X Performance

Ada total 3 flagship Sony yang masuk dalam 15 jajaran smartphone dengan kamera terbaik sepanjang tahun 2016 gaes. Di posisi ke-4 ada Xperia X Performance, flagship ini membawa kamera utama beresolusi 23MP aperture f/2.0, phase detection autofocus dan LED flash. Pada bagian depan terdapat kamera selfie beresolusi 13MP aperture f/2.0.

3. Samsung Galaxy S7 Edge

Nah, sekarang kita sudah masuk posisi ketiga nih gaes. Samsung Galaxy S7 Edge menjadi smartphone yang paling lari dari jajaran smartphone Samsung yang ada. Smartphone ini membawa desain premium dengan dukungan spesifikasi bertenaga.

Untuk urusan fotografi, Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan kamera beresolusi 12MP aperture f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS dan LED flash. Beberapa fitur pendukung kamera antara lain, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video dan 9MP image recording, touch focus dan face/smile detection.

2. HTC 10

HTC 10 menjadi smartphone dengan kamera terbaik diurutan kedua gaes, smartphone ini dirilis pada bulan April 2016. Berbekal kamera belakang beresolusi 12MP aperture f/1.8, 26mm, OIS, laser autofocus dan dual LED (dual tone) flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera beresolusi 5MP aperture f/1.8 OIS, autofocus, 1.34 µm pixel size beresolusi 1080p.

1. Google Pixel

Jreng.. jreng… di urutan pertama smartphone dengan kamera terbaik ditempati oleh Google Pixel. Smartphone ini dirilis pada bulan Oktober 2016, sekaligus menjadi smartphone pertama out of the box dengan OS Android Nougat. Wajarlah gaes, smartphone Google, OS juga Google punya.

Masuk ke soal fotografi, sebagai smartphone dengan kamera terbaik nomor 1. Google Pixel didukung dengan kamera belakang beresolusi 12.3MP aperture f/2.0, EIS (gyro), phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan beberapa fitur pendukung lain diantaranya 1.55µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR dan panorama.

Sedangkan untuk kamera depan beresolusi 8MP aperture f/2.4, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size beresolusi 1080p. Jika beberapa flagship menggunakan jeroan SD 820, maka Google Pixel hadir dengan jeroan SD 821, seri Snapdragon tertinggi saat ini, sebelum seri 835 dirilis.

Informasi mengenai data smartphone dengan kualitas kamera terbaik sepanjang tahun 2016 dikutip melalui laman DXOmark, sebuah badan terpercaya yang memiliki lisensi mengeluarkan data smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Tidak hanya kamera smartphone, hampir semua jenis kamera juga masuk dalam uji cobanya, maka tak heran jika DXOmark menjadi rujukan beberapa situs terkemuka di dunia, termasuk NGONOO.com.