ASUS Zenfone Max Pro M2

Bersih-bersih File Sampah di Windows 10 Tanpa Instal Software Tambahan

Onky | Tip & Trik | 17 Feb, 2017

NGONOO.com – Bersih bersih file sampah dulu gaes, buanglah sampah pada tempatnya, biar gak kotor dan tercecer dimana-mana, apalagi kalau sampah plastik, kan bahaya. Sampah yang satu ini beda gaes, kalau tadi ngomongin sampah dilingkungan sekitar, sekarang kita akan bersih-bersih sampah di PC yang kita gunakan saat ini. Gimana cara mengetahui bahwa di PC ada file sampah? dan bagaimana cara menghapusnya?

Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghapus file sampah pada PC, bisa menggunakan software tambahan dan juga bisa menggunakan software bawaan dari sistem operasi yang kita gunakan. Disini aku menggunakan OS Windows 10, dimana sistem operasi ini memang lagi ngehits banget dan sudah banyak yang menggunakannya.

Mungkin kamu juga penasaran darimana sebenarnya file sampah ini berasal. Biasanya file-file ini muncul saat kita selesai melakukan instalasi software, membuat sebuah dokumen (desain, video editing, office dll), browsing buka-buka youtube sambil baca-baca artikel dan beberapa kepentingan lain yang kita lakukan saat menggunakan PC, ini akan mengakibatkan munculnya file sampah ke directory sistem pada sebuah perangkat. Akibatnya apa? Beberapa akibat yang ditimbukan dari file sampah yang menumpuk adalah disk space yang semakin berkurang dan kinerja PC yang menjadi semakin lambat.

Cara yang akan aku bahas pada kesempatan kali ini adalah cara membersihkan file sampah tanpa menggunakan software tambahan, jadi aku hanya memanfaatkan fitur yang ada pada sistem operasi Windows 10. Buat kamu yang penasaran gimana caranya, yuk langsung aja ikutin tips singkat menghapus file sampah di Windows 10.

1. Pertama masuk jendela Run (windows + R) dan ketikkan %temp%, lalu Enter. Disini kita bisa melihat file sampah yang sudah menggunung karena luput dari pantauan. Select All kemudian Delete

2. Selanjutkan masuk lagi ke jendela Run, Ketik temp, pilih Continue dan hapus file sampah yang terlihat

3. Langkah terakhir masuk lagi ke jendela Run, lalu ketikan Prefetch, Continue dan hapus file sampah yang terlihat.

Nah, itu tadi langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghapus file sampah pada Windows 10. Cara ini adalah cara yang paling mudah tanpa perlu menginstal software tambahan. Kamu juga bisa menghapus file sampah dengan menggunakan software bawaan dari Windows 10. Begini caranya:

1. Pilih menu Windows, scroll ke bawah sampai ketemu Windows Administrative Tools, lalu pilih Disk Cleanup

2. Pilih disk partition mana yang akan kita bersihkan file sampahnya, disini aku coba untuk membersihkan file sampah di drive C.

3. Biarkan proses cleanup selesai, begini prosesnya

4. Centang directory apa saja yang akan kita bersihkan file sampahnya

5. Udah deh selesai, sekarang lihat bagaimana perbedaan saat sebelum PC dibersihkan dari file sampah yang menggunung dan setelah dibersihkan, pasti akan terlihat perbedaannya.

Demikian tips bersih-bersih file sampah hari ini ya. Selamat mencoba! 🙂