ASUS Zenfone Max Pro M2

Tide - Aplikasi yang Akan Membuatmu Tetap Fokus dan Tenang

Yus Yulianto | Android | 26 Apr, 2017

Beberapa orang mengalami kesulitan ketika diharuskan untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, terutama untuk jangka waktu yang cukup lama. Ada sebagian orang yang membutuhkan “bantuan” dari lingkungan sekitar seperti suasana, kondisi dan suara-suara . Suasana dan kondisi disekitarnya itulah yang akan membantu dia lebih bisa berkonsentrasi, fokus dan tenang mengerjakan sesuatu.

Jika kamu termasuk tipikal orang seperti yang saya jabarkan diatas, maka kamu wajib mencoba aplikasi Tide. Tide akan mengeluarkan bunyi-bunyian yang akan membantu kamu menjadi lebih fokus dan tenang. Suara-suara seperti hembusan angin, jangkrik, hewan-hewan kecil, riak air akan membantu membangun mood kamu.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan ketika kamu ingin mengetik tugas-tugas kuliah, skripsi atau menulis artikel untuk blog dan website. Tide juga sangat cocok dinyalakan ketika kamu akan pergi tidur. Cukup buka aplikasi tide, lalu pilih jenis suara yang kamu inginkan dan letakan smartphone kamu di meja atau tempat tidur.

Jadi, kamu tidak perlu susah-susah pergi ke kebun hanya untuk mencari keheningan dan suara-suara jangkrik. Atau jauh-jauh ke sungai hanya untuk menikmati suara riak airnya. Apalagi hanya untuk belajar atau mengerjakan tugas.

Suara-suara yang dihasilkan Tide sangat jernih, dan terdengar seperti suara-suara yang dihasilkan alam. Tide juga punya tampilan aplikasi yang simpel, bersih dan elegan. Tampilan tersebut akan berubah-ubah, seiring dengan waktu ditempat kamu (pagi, siang, sore, dan malam). Untuk mengganti suara, kamu hanya perlu melakukkan swipe ke kiri atau ke kanan.

Kamu tidak perlu takut terlupa untuk menonaktifkan Tide dan membuat aplikasi ini memakan baterai kamu. Karena Tide secara deault memiliki timer yang akan menghentikan suara-suara ketika telah mencapai waktu 30 menit.

Ketika Tide berhenti menghentikan buyi-bunyian yang dihasilkannya, itu tandanya kamu perlu berhenti dan beristirahat melakukan pekerjaan. Gunakan waktu 5-10 menit untuk istirahat, lalu lanjutkan pekerjaan kamu kembali, dengan menyalakan aplikasi Tide lagi tentunya.

Teknik semacam ini disebut dengan teknik pomodoro. Teknik ini sangat terkenal diluar sana. Jika sebelum 30 menit kamu mau tidak mau harus berhenti sejenak karena suatu hal mendesak, kamu bisa menekan tombol “Pause” untuk menghentikan Tide. Lalu kamu bisa melanjutkan Tide dengan sisa waktu yang belum selesai.

Jika kamu kebetulan menggunakan smartphone dengan OS robot hijau, kamu bisa mendownload aplikasi Tide di Google Play.