ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Menggunakan Fitur Ruang Kedua di MIUI 8 Pada Smartphone Xiaomi

Yus Yulianto | Android | 20 Mar, 2017

NGONOO.COM – MIUI 8 adalah ROM Android hasil modifikasi pabrikan smartphone asal china, Xiaomi. Selain bisa dinikmati di smartphone besutan Xiaomi, MIUI 8 juga bisa dipasang di banyak tipe smartphone lainnya dengan cara flashing. MIUI adalah salah satu faktor kesuksesan Xiaomi.

Salah satu yang membuat ROM MIUI menjadi sangat populer dan disukai banyak orang adalah tampilannya yang menarik, simpel dan tersedia banyak tema yang bisa di download. Selain dari sisi tampilan, Xiaomi juga menambahkan banyak fitur baru yang tidak ada di Stock ROM Android.

Di MIUI 8, ada satu fitur yang menarik untuk di coba, yaitu fitur Ruang Kedua. Fitur ini akan membuat smartphone Xiaomi kamu punya dua “ruang” yang masing-masing bisa kamu gunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di ruang kedua:

  • Menginstall aplikas-aplikasi chatting dan sosmed dengan menggunakan akun yang berbeda.
  • Menginstall game-game yang kamu suka, jadi kamu bisa main dengan akun game yang lain.
  • Menyimpan file-file rahasia seperti foto, video, dan catatan-catatan penting.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur Ruang Kedua di smartphone Xiaomi dengan MIUI versi 8:

  1. Buka Pengaturan, lalu klik opsi Ruang Kedua.

miui 8 ruang kedua

2. Kamu akan masuk ke menu Ruang Kedua, klik tombol biru bertuliskan Hidupkan Ruang Kedua. Lalu sistem akan membuat Ruang Kedua. Tunggu sampai proses selesai, biasanya membutuhkan waktu 2-4 menit.

miui 8 ruang kedua

3. Berikut ini adalah tampilan Ruang Kedua kamu ketika selesai dibuat.

miui 8 ruang kedua

Sampai dengan disini, Ruang Kedua kamu telah selesai dibuat. Ruang Kedua kamu hanya berisi aplikasi-aplikasi bawaan Xiaomi seperti Browser, Kontak, SMS, Paly Store, Galeri, Kamera, dan lain-lain. Kamu bisa masuk ke Akun Google yang berbeda, mendownload aplikasi-aplikasi android dan game di Ruang Kedua ini.

Semua aplikasi dan game yang kamu download di Ruang Kedua tidak akan mempengaruhi Ruang Pertama kamu. Kamu juga bisa memindahkan data-data seperti foto, video, kontak dan dokumen di Ruang Pertama kamu ke Ruang Kedua.

Caranya adalah dengan mengklik ikon Pindah Data.

miui 8 ruang kedua

 

miui 8 ruang kedua

 

Begitulah cara mengaktifkan fitur Ruang Kedua di MIUI 8. Untuk kembali ke Ruang Utama, kamu bisa mengklik ikon Ganti, lalu masukan pola / pin Ruang Utama kamu.