Cara Menggunakan Google Photos Untuk Menghemat Penyimpanan Internal Smartphone

  • Share

Google Photos adalah aplikasi buatan Google untuk menyimpan dan mengakses semua foto kamu secara online. Google Photos sangat berguna di perangkat smartphone. Terutama untuk kamu yang memiliki koleksi foto yang sangat banyak di smartphone.

Dengan semakin banyaknya foto yang menumpuk di smartphone, tentu akan semakin membuat penyimpanan internal smartphone kamu sesak. Nah, disinilah kamu bisa memanfaatkan Google Photos secara maksimal.

Kamu bisa menghapus semua foto-foto untuk membuat penyimpanan internal smartphone kamu kembali lega, namun foto-foto tersebut tetap aman dan dapat kamu akses kapan saja di Google Photos. Cara in sangat cocok untuk kamu yang sangat hobi mengambil foto di smartphone namun memiliki penyimpanan internal yang terbatas.

Pertama, pastikan bahwa kamu telah memasang Google Photos di smartphone android kesayangan. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya gratis di Google Play.

Kemudian buka aplikasi Google Photos. Biasanya Google Photos akan secara otomatis masuk menggunakan akun Google yang kamu gunakan di android.

Sampai disini, pastikan bahwa kamu sedang menggunakan internet dari wifi. Entah wifi di kafe, warung kopi, ataupun wifi tetangga. Kenapa menggunakan wifi?

Karena Google Photos akan membackup / upload semua foto kamu ke Google Drive. Jadi, bisa dipastikan akan memakan banyak sekali kuota internet. Lebih-lebih jika koleksi foto kamu sangat banyak.

Ketika kamu terhubung ke wifi, Google Photos akan secara otomatis membackup semua foto kamu ke Google Drive. Selanjutnya, buka bilah sisi aplikasi.

Kamu akan melihat beberapa opsi. Pilih Opsi Setelan.

 

Di menu Setelan, pilih Kosongkan ruang penyimpanan perangkat.

Maksud dari opsi tersebut adalah, Google Photos akan menghapus semua foto yang tersimpan di perangkat kamu. Tapi tenang saja, foto-foto yang akan dihapus hanyalah foto yang sudah dicadangkan di oleh Google Photos.

Jadi, walaupun foto-foto tersebut telah dihapus di penyimpanan smartphone, kamu tetap dapat mengaksesnya melalui Google Photos. Itu karena Google Photos telah menyimpannya di cloud.

Sekarang, kamu tidak perlu takut lagi akan kehabisan ruang penyimpanan gara-gara hobi selfie kamu yang kelewatan. Kamu bisa selfie sampai puas, namun tidak akan pernah kehabisan ruang penyimpanan.

Oh ya, ada dua opsi penyimpanan foto di Google Photos berdasarkan kualitas foto, yaitu:

– Kualitas tinggi – Kamu bisa menyimpan foto tanpa batas di Google Photos. Dengan catatan, foto kamu akan dikompres ukurannya. Namun, kualitas foto tidak akan terlalu berbeda jauh jika dibandingkan tanpa dikompres.

– Kualitas Asli – Jika kamu memilih opsi ini, maka Google Photos akan membackup foto kamu berdasarkan ukuran aslinya. Namun, penyimpanannya terbatas hanya 15GB saja.

Pilihlah opsi pertama, jika memang koleksi foto kamu melebihi 15GB. Pilih opsi kedua jika kamu tidak ingin foto-foto koleksi kamu dikompres, walaupun perbedaan kualitasnya tidak begitu keliahatan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.