ads

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengekstrak dan Mengkompres File

Yus Yulianto | Android | 13 Oct, 2017

Sering sekali ‘kan kamu mendownload file di internet dalam bentuk rar, zip dan file yang dikompres lainnya? Jika kamu mendownlaodnya langsung dari komputer sih enak, gunakan saja Winrar, maka file tersebut akan terekstrak. Tapi, bagaimana jika kamu mendownloadnya dari smartphone android?

Tenang, kamu bisa juga mengekstrak file-file tersebut. Cukup gunakan 5 aplikasi android dibawah ini. Selain bisa digunakan untuk mengekstrak file, 5 aplikasi android ini juga bisa digunakan untuk mengkompres file.

RAR for Android

RAR for Android adalah aplikasi canggih yang bisa digunakan untuk mengkompres dan mengekstrak berbagai macam file. Mulai dari RAR, ZIP, TAR, GZ, dan kawan-kawan. RAR for Android juga memiliki file explorer bawaan. Jadi bisa digunakan untuk mengatur file juga.

Ada banyak jenis file yang bisa kamu kompres dengan RAR for Android. Mulai dari mp3, jpg, png, sampai dengan 3gp. Cocok untuk mengarsipkan file-file yang sudah tidak kamu gunakan tapi sayang untuk dihapus.

Easy Unrar, Unzip, & Zip

Sama seperti namanya, Easy Unrar, Unzip, & Zip adalah aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam membuat dan membuka file RAR dan juga ZIP. Kamu yang cukup paranoid juga patut mencoba aplikasi ini, pasalnya Easy Unrar menyediakan fitur AES Encryption.

B1 Archiver zip rar unzip

B1 Archiver juga aplikasi yang ok. Bisa digunakan untuk mengekstrak ZIP, RAR, 7ZIP dan 34 format lainnya (yang rasanya akan sangat panjang jika harus saya ketik satu persatu). Untuk melindungi file-file yang kamu kompres, kamu bisa menambahkan password di file tersebut. Jadi, hanya kamu dan pacar yang bisa melihat foto-foto dan video yang ada didalamnya.

XZip

Jika mendwnload file berukuran sangat besar di suatu website, sang pemilik website terkadang memisahkan file tersebut dalam beberapa bagian (part). Dulu untuk mengekstrak file yang dibagi dalam beberapa part hanya bisa dilakukan melalui komputer. Tapi sekarang, kamu bisa melakukannya langsung dari android menggunakan aplikasi XZip.

Jadi, kamu tidak perlu takut untuk mendownload file yang terbagi dalam banyak part dari android. Karena kamu bisa langsung mengekstraknya melalui Xzip.

Zipper

Tidak seperti 4 aplikasi diatas, Zipper tidak hanya bisa digunakan untuk mengekstrak dan mengkompres ZIP, RAR, dan 7ZIP. Zipper juga bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya seperti pemindai dokumen, pemotong gambar, kalender, dan masih banyak lagi.

Gimana, sekarang kamu jadi lebih mudah mengkompres dan mengekstrak file di android toh? Makanya buruan download 5 aplikasi diatas.