ASUS Zenfone Max Pro M2

Suka Menulis Pakai Smartphone Atau Tablet? Nih, Rekomendasi Aplikasi iOS dan Android Untuk Tulis-Menulis

Radityo | Android | 21 Feb, 2019

Kamu punya hobi menulis menggunakan media apapun, termasuk media smartphone atau tablet? Kalau iya, maka tentu saja kamu harus menggunakan aplikasi menulis yang nyaman dan mudah digunakan. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi iOS dan Android yang bisa kamu andalkan utuk menyalurkan hobi kamu itu.

1. Google Docs

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Google Docs. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk menulis saja, melainkan bisa digunakan juga untuk mengedit suatu dokumen. Asyiknya lagi, kamu bisa menulis atau mengedit dokumen saat perangkat sedang dalam kondisi offline sekalipun. Jika ada yang berminat, kamu bisa men-download aplikasi Google Docs ini di AppStore dan Google Play Store. Oh iya, perangkat kamu setidaknya harus berjalan pada iOS 10 agar bisa men-download aplikasi ini.

2. Microsoft Word

Siapa sih yang gak tau sama program yang satu ini, yakni Microsoft Word? Pastinya semua sudah familiar dengan program ini kan. Nah, Microsoft Word sendiri sudah merambah ke perangkat mobile, salah satunya adalah iDevice. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di AppStore dan Google Play Store. Namun, perangkat kamu sudah harus berjalan setidaknya pada iOS 11.

3. Notion

Aplikasi ketiga yang bisa kamu download adalah Notion. Perlu diingat, aplikasi ini sangat cocok jika kamu suka mengelola notes, task, wiki, dan database. Notion sendiri support banyak jenis media, misal gambar, to-do, bookmark, code snippet, dan lebih dari 20 block type. Bila kamu penasaran dengan aplikasi Notion ini, kamu bisa klik link ini untuk men-download-nya di AppStore dan link ini untuk men-download di Google Play Store.

4. JotterPad

JotterPad merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis apapun, termasuk menulis buku, novel, lirik lagu, sajak, bahkan esai sekalipun. Hal itu karena pengembang aplikasi ini mendesain tampilan atau user interface aplikasi JotterPad dengan apik sehingga nyaman digunakan untuk menulis. Sayangnya aplikasi JotterPad baru tersedia untuk OS Android saja.