ASUS Zenfone Max Pro M2

Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Teks Menjadi Audio di iOS

Radityo | Aplikasi/Games | 08 Mar, 2019

Perkembangan teknologi yang semakin maju memang membuat banyak hal bisa dilakukan dengan lebih praktis, termasuk untuk urusan membaca sekalipun. Yap, kini kamu tidak perlu repot lagi harus membaca teks dari huruf per huruf karena sekarang teks pun sudah bisa didengarkan. Wah, gimana maksudnya tuh, teks kok bisa didengarkan?

Jadi gini, berkat kecanggihan teknologi yang ada di jaman ini, kita tidak perlu lagi harus repot membaca untuk memahami isi dari sebuah teks, melainkan cukup dengan mendengarkan teks tersebut saja. Melalui sebuah aplikasi atau software, teks bisa dijadikan audio sehingga kita hanya perlu mendengarkannya untuk mengetahui maksud dari teks tersebut. Misal, sekarang kita tidak perlu lagi membaca artikel yang ada di sebuah web, melainkan hanya tinggal mendengarkan artikel itu “berbicara”. Asyik kan? Jika kamu penasaran seperti apa sih mendengarkan teks itu, berikut ada beberapa aplikasi untuk membuat teks menjadi audio yang bisa kamu gunakan di iDevice.

1. Capti Voice

Capti Voice merupakan sebuah software atau aplikasi yang menarik untuk di-install. Kenapa? Tentu saja karena aplikasi ini bisa membuat teks menjadi audio. Beberapa file yang sudah didukung oleh aplikasi ini antara lain PDF, DOC, DOCX, PPT, PPTX, RTF, TXT, EPUB, ODT, ODP, ZIP, HTML, dan HTM. Menariknya lagi, Capti Voice bisa “berbicara” dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Capti Voice sendiri sudah kompatibel dengan beberapa media penyimpanan cloud, misal Bookshare, Google Drive, Dropbox, OneDrive, iCloud Drive, Pocket, Instapaper, dan Project Gutenberg. Apabila kamu berminat untuk memiliki aplikasi ini, silakan langsung saja mengunduhnya di App Store.

2. Voice Dream Reader

Aplikasi ini mendukung beberapa format file teks untuk dijadikan suara, misalnya saja PDF, Plain text, MS Word, MS PowerPoint, RTF, dan Google Docs. Tidak hanya itu saja, Voice Dream Reader juga bisa menjadikan atikel di website menjadi suara. Untuk format audionya sendiri adalah mp3, mp4 dan zipped mp3. Voice Dream Reader ini juga support dengan beberapa aplikasi diantaranya Dropbox, Google Drive, iCloud Drive, Pocket, Instapaper, dan Evernote. Perlu dicatat, iDevice kamu harus sudah berjalan setidaknya pada iOS.3 apabila ingin menginstall aplikasi ini. Silakan klik link ini untuk mengunduhnya di App Store.

3. NaturalReader

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan untuk menjadikan teks menjadi suara adalah NaturalReader. Aplikasi ini mampu menjadikan teks yang ada di website, dokumen, maupun e-books menjadi suara dengan kualitas audio yang bagus. Jenis suara yang dihasilkan cukup banyak, mencapai 50 suara, dengan begitu kamu bisa memilih akan mendengarkan jenis suara mana yang membuatmu nyaman. Selain itu, NaturalReader juga bisa diintegrasikan dengan beberapa penyimpanan cloud misal Dropbox, OneDrive, atau Google Drive. Sementara untuk format file yang di-support oleh NaturalReader mencakup PDF, MS Word (.doc & .docx), MS Powerpoint, RTF, TXT, DRM-free EPUB eBooks. Bila ada yang ingin mengunduhnya, langsung saja klik link ini untuk mendapatkannya di App Store.

4. Speech Central

Aplikasi bernama Speech Central ini juga bisa kamu andalkan untuk mengubah teks menjadi suara apabila kamu lagi malas membaca. Beberapa jenis file yang bisa didukung oleh Speech Central antara lain PDF, Microsoft Word (.docx), Microsoft PowerPoint (.pptx), OpenOffice/LibreOffice (.odt, .odp), .html, .txt, .rtf, .epub, DAISY, .fb2, dan .eml. Dukungan bahasa yang bisa diakomodasi oleh aplikasi ini juga cukup banyak, mencapai 27 bahasa. Monggo jika ada yang ingin mengunduhnya bisa langsung menuju ke App Store saja.