ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Software Editing Foto RAW Terbaik Untuk Windows dan Mac

Radityo | Aplikasi/Games | 14 Mar, 2019

Banyak cara yang bisa dilakukan agar hasil foto terlihat bagus, salah satunya adalah dengan mengedit foto itu sendiri. Nah, bicara mengenai mengedit foto, mungkin kalian yang hobi mengedit foto sudah memiliki software andalan untuk mengedit foto. Meskipun begitu, mungkin ada pula yang masih kurang puas dengan software editing foto yang digunakan.

Nah, kalau seumpama ada yang lagi nyari software untuk mengedit foto, khususnya foto berformat RAW, mungkin 5 software berikut ini bisa diandalkan. Oh iya, software yang kami rekomendasikan di bawah ini tersedia baik untuk Windows maupun Mac.

1. Darktable

Software bernama Darktable ini merupakan sebuah software open source. Dengan Darktable, kamu bisa mengedit foto RAW dengan leluasa, mulai dari pengeditan simpel seperti crop, exposure, dan spot removal, hingga melakukan pengeditan yang lebih kompleks seperti simulation of human night vision. User Interface software ini juga dirancang agar terlihat nyaman saat digunakan dan tidak membingungkan penggunanya. Loading foto RAW bisa dilakukan dengan baik berkat teknologi rawspeed. Pengolahan foto HDR dan format foto standar seperti jpeg juga sudah bisa diakomodasi oleh software ini. Silakan klik link ini apabila kamu ingin mengunduhnya.

2. Capture One Pro

Capture One Pro menawarkan pengolahan atau pengeditan foto RAW yang beragam, mulai dari pengeditan standar hingga pengeditan yang lebih kompleks. Kamu bisa melakukan pengaturan exposure, contrast, dan saturation terhadap foto yang sedang diedit. Selain itu kamu juga bisa melakukan editing foto HDR. Fitur yang ditawarkan oleh Capture One Pro termasuk lengkap sehingga kamu bisa mengedit foto agar hasilnya terlihat lebih bagus sesuai dengan keinginan. Bila ingin mengunduh software ini, kamu bisa langsung klik link ini. Namun software ini tersedia secara berbayar. Jika ingin mencobanya terlebih dahulu juga bisa karena software ini ditawarkan secara free trial selama 30 hari.

3. RawTherapee

Software bernama RaeTherapee ini merupakan software open source dan tersedia secara gratis. RawTherapee  mampu membuka file raw kebanyakan, seperti 16-, 24-, dan 32-bit raw HDR DNG. Begitupula dengan file standar seperti JPEG, PNG (8- dan 16-bit), dan TIFF (8-, 16- dan 32-bit logluv). Tampilan layout yang ditawarkan juga bervariasi, misalnya multiple tabs, single tab dengan filmstrip, vertical tab dengan filmstrip, dan dual monitor. Selain itu, berbagai macam pengaturan untuk mengedit foto tentu saja sudah dimiliki oleh software ini. Bagaimana, tertarik untuk mengunduhnya? Jika iya, silakan klik saja link ini untuk mengunduhnya.

4. DxO PhotoLab

Pengembang software ini mendesain tampilan user interface agar terlihat simpel tapi tetap intuitif, dengan begitu kamu bisa melakukan editing foto dengan nyaman dan lebih leluasa lagi. Berbagai pengaturan untuk mengedit foto disediakan secara lengkap. Fitur yang ditawarkan juga menarik, misal U Point Technology, Denoising Technology, ClearView Plus Local Contrast Optimization, dan Unparalleled Optical Correction. Semua fitur tersebut berguna untuk mempermudah pengeditan dan juga membuat foto terlihat lebih bagus. Apabila kamu ingin mengunduh DxO PhotoLab silakan langsung saja klik link berikut ini.

5. Corel AfterShot Pro

Corel AfterShot Pro merupakan software terakhir yang kami rekomendasikan untuk mengedit foto berformat raw. Software ini tidak disediakan secara gratis, melainkan kamu harus membelinya. Berbagai keunggulan dalam mengedit foto tentu saja dimiliki oleh software Corel AfterShot Pro ini, seperti highlight recovery, blemish remover, lens correction, dan masih banyak lagi. Software ini juga sudah support edit foto HDR. Selain itu, Corel AfterShot Pro juga mampu mereduksi noise, melakukan red eye removal, mengkoreksi warna dengan akurat, dan berbagai kemampuan lainnya. Bila ingin membelinya, kamu tinggal klik link ini saja.