ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Transfer File via WiFi

Radityo | Android | 04 Apr, 2019

Berkat kemajuan teknologi, saat ini kita bisa mengirim file dengan sangat mudah menggunakan berbagai media transfer yang ada, termasuk menggunakan jaringan WiFi sekali pun. Nah, bicara mengenai berkirim file atau transfer melalui jaringan WiFi, sekarang kita bisa loh mengirim file yang ada di komputer ke smartphone Android tanpa harus menggunakan kabel data.

Yap, caranya tentu saja dengan bantuan sebuah aplikasi tertentu. Lantas, aplikasi Android apa saja yang bisa digunakan untuk transfer file via WiFi? Berikut informasinya.

1. Portal

Aplikasi Android pertama yang bisa kamu gunakan untuk transfer file via WiFi adalah Portal. Dengan aplikasi ini, maka kamu bisa mengirim file yang ada di komputer ke perangkat Android melalui jaringan WiFi. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah. Kamu cukup membuka portal.pushbullet.com di komputer dan kamu sudah siap untuk mengirim file dari komputer ke perangkat Android. Tidak main-main, besar ukuran file yang bisa kamu transfer tergolong cukup besar, hingga 1 GB. Langsung saja klik link ini untuk mengunduh aplikasi Portal di Google Play Store.

2. AirDroid

AirDroid merupakan aplikasi yang akan membantumu saat kamu ingin mengirim file tanpa perlu ribet. Tidak hanya bisa mengirim file dari komputer ke perangkat mobile saja, aplikasi ini juga bisa mengirim file ke orang lain dengan sangat mudah. Menariknya lagi, AirDroid juga bisa digunakan untuk mengecek dan membalas notifikasi yang masuk ke smartphone/tablet melalui komputer. Selain itu, kamu bisa mengontrol dan menggunakan semua aplikasi yang ter-install di perangkat Android langsung dari komputer. Apabila ada yang tertarik untuk memiliki aplikasi AirDroid, maka kamu bisa mengunduhnya langsung di Google Play Store.

3. SHAREit

Mungkin sebagian besar sudah mengetahui mengenai aplikasi bernama SHAREit. Yap, aplikasi ini memang cukup populer. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkirim berbagai jenis file antar perangkat dengan mudah melalui jaringan WiFi atau melalui media lainnya seperti data internet. Tidak hanya bisa digunakan untuk transfer file saja, namun SHAREit juga bisa digunakan untuk menonton video atau mendengarkan lagu. Jika ingin meng-install aplikasi ini maka kamu bisa mengunduhnya dulu di Google Play Store.

4. SuperBeam

Aplikasi SuperBeam menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengirim file antar perangkat melalui jaringan WiFi, bahkan file berukuran besar bisa dikirim menggunakan aplikasi ini. Perangkat bisa dihubungkan melalui beberapa metode, menggunakan QR Code, NFC, atau secara manual. Berbagai jenis file bisa dikirim menggunakan aplikasi ini, termasuk foto, video, zip file, APK’s, kontak, dan lain sebagainya. Silakan langsung saja klik link ini apabila kamu ingin mengunduhnya di Google Play Store.

5. Send Anywhere

Send Anywhere juga bisa kamu andalkan untuk berkirim file melalui jaringan WiFi. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengirim file ke beberapa orang sekaligus cukup dengan satu link saja. Semua file yang kamu kirim menggunakan aplikasi ini tidak akan mengubah file original-nya.  Aplikasi ini juga mudah digunakan untuk mengirim file, cukup dengan 6 digit kunci sekali pakai saja maka kamu sudah bisa transfer file via WiFi. Jika ingin mengunduh aplikasi bernama Send Anywhere ini, maka kamu bisa langsung mendapatkannya di Google Play Store.