ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Program Image Viewer Terbaik yang Ringan Untuk Linux

Radityo | Aplikasi/Games | 09 Jul, 2019

Sistem operasi Linux memang hanya digemari oleh sebagian kecil orang, khususnya mereka yang suka otak-atik sistem komputer. Meskipun begitu, para pengembang program tetap menyediakan produk yang kompatibel dengan sistem operasi Linux.

Nah, bicara mengenai program untuk Linux, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai program image viewer terbaik yang ringan. Ada 5 program yang akan kita bahas kali ini, dan siapa tau saja program image viewer di bawah ini bisa berguna buat kamu.

1. Nomacs

Program pertama yang kami rekomendasikan adalah nomacs. Program ini bersifat open source dan disediakan secara gratis. Kamu bisa menggunakan nomacs untuk membuka format gambar kebanyakan, termasuk gambar yang memiliki format RAW dan psd. Selain bisa membuka gambar, program ini juga dapat melakukan peningkatan brightness, contrast, saturation, hue, gamma, dan exposure pada suatu gambar. Apabila kamu ingin mengetahui fitur lain yang dimiliki oleh program ini maka langsung saja kunjungi alamat website ini.

2. Pqiv

Program bernama pqiv ini juga kami rekomendasikan bagi kamu yang kebetulan lagi nyari program image viewer untuk Linux. Pqiv sendiri merupakan program GTK3 yang berbasiskan pada command line image viewer yang memiliki desain UI (user interface) minimalis. Program ini bisa dikustom, bisa dioperasikan secara penuh menggunakan script, dan support banyak file format termasuk PDF, Postscript, file video, dan archives. Jika tertarik dengan pqiv maka kamu bisa mendapatkan program tersebut di GitHub.

3. Sxiv

Simple X Image Viewer atau sxiv juga merupakan salah satu program yang bisa digunakan untuk membuka gambar di Linux. Program ini disediakan secara gratis dan tentu saja memiliki fitur dasar seperti melakukan zooming, panning, dan rotating. Program ini bisa membuka semua frame dari file GIF dan bisa memainkan animasi GIF. Selain itu, sxiv juga bakal menampilkan informasi gambar di status bar. Jika ada yang ingin menginstall program ini maka kamu bisa mendapatkannya di GitHub.

4. Imv

Program image viewer lainnya yang kami rekomendasikan adalah imv. Program ini support hingga 30 jenis file format gambar, termasuk format PSD, GIF, RAW, SVG, dan beragam format gambar lainnya. Imv juga memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar secara slideshow. Silakan langsung saja kunjungi GitHub jika kamu ingin menginstall program ini.

5. Meh

Program image viewer terakhir yang kami rekomendasikan adalah meh. Program ini termasuk ringan dan memiliki kinerja yang cepat dalam membuka gambar, apalagi kalau membuka gambar yang memiliki format JPEG, PNG, dan BMP. Meh juga dapat membuka gambar dengan skala yang disesuaikan dengan ukuran windows. Bagi yang ingin mengunduh program ini bisa langsung klik link ini.