Perkembangan Android dari Masa ke Masa

Saat ini Adroid sudah menjadi salah satu smartphone dengan pangsa pasar tebesar di seluruh dunia. Tapi apakah Sahabat ngonoo  tahu sebenarnya bagaimana Android ini berevolusi dan bagaimana perkembangan fitur yang ada didalamnya, mari coba sedikit mengulasnya.

1. Android Beta

Android versi beta Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

2. Android 1.0

Versi ini sebenarnya bertajuk Android Astro namu karena ada masalah pada hak cipta nama ini tidak dipakai lagi oleh Android. Fitur yang disajikan Android 1.0 tidak sebanyak sekarang hanya kamera, WiFi, Bluetooth, folder, browser, notifikasi, voice dialing, YouTube, alarm clock, gallery, IM, media player dan Android Market. Dirilis pertama kali pada 23 September 2008, dan HTC Dream menjadi yang pertama menggunakan OS ini.

Android Astro

source gambar

3. Android 1.1

Pertama kali rilis pada  9 Maret 2009 versi ini dinamai Android Bender, namun sekali karena masalah hak cipta nama itu kemudian tidak lagi digunakan. OS ini hanya dipake pada perangkat T-Mobile G1 saja. Android ini merupakan Versi pembenahan Bug dari android Versi 1.0

Android Bender

Source gambar

4. Android 1.5 ( Cupcake)

Setahun kemudian pada mei 2010 Dirilislah Android 1.5 yang memiliki codename android Cupcape. Menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

System operasi ini berbasis pada kernel Linux 2.6.27.

Android Cupcake

Source Gambar

5. Android 1.6 (Donut)

Dirilis pertama kali pada 15 September 2009, Versi ini memilik UI yang lebih friendly. Di sistem operasi ini ada beberapa bugs yang telah fix dan juga penambahan fitur seperti pencarian dengan text dan audio yang telah dipercepat, support layar resolusi WVGA dengan ukuran hingga 800×480, CDMA/EVDA, VPN dan dial kontak.

Android Donut

source gambar

6. Android 2.0-2.1 (Eclair)

Satu bulan setelahnya tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2009 Android merilis versi selanjutnya yang bertajuk Android Eclair, Yang berubah dari versi ini salah satunya adalah tanpilannya. Selain itu, Android Eclair juga mengalami peningkatan dalam akun email, dimana kita dapat memiliki beberapa akun email sekaligus atau disebut multiple account. Disini juga mulai diperkenalkan Live Wallpaper. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

Android Eclair

Source Gambar

7. Android 2.2 (Froyo)

Froyo merupakan kepanjangan dari Frozen Yogurt, pertama dirilis pada 20 Mei 2010. Pastinya versi ini memiliki performa, memori, dan kecepatan yang lebih tinggi. Mulai diperkenalkan fitur WiFi thetering dan pilihan untuk menonaktifkan paket data. Android Versi ini Banyak digunakan pada gadget-gadget Samsung Galaxy series.

Juga ditambah dengan dukungan Adobe Flash 10.1, aplikasi dapat bekerja lebih cepat hingga 5 kali dari versi Android sebelumnya, browser dapat melakukan rendering JavaScript, aplikasi SD card, WiFi, auto update pada Android Market, layar support hingga 320 ppi, dan voice dialling menggunakan Bluetooth.

Android Froyo

Source Gambar

8. Android 2.3-2.3.7 (Gingerbeard)

Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah dinanti-nantikan banyak orang. Selain itu diberikan pula Download Manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang di-download di Android kamu.

Android Gingerbird

Source gambar

9. Android 3.1-3.2 (Honeycomb)

Versi ini dikhususkan untuk Android untuk komputer tablet. Tentu akan lebih banya fitur yang diberikan pada versi ini karena dirancang untuk layar yang lebih besar, multi prosesor, dan grafik yang lebih tajam.

Android Honeycomb

Source Gambar

10. Android 4.0.X ( Ice Cream Sandwich)

Dirilis pada 19 Oktober 2011, Android 4.0 dengan nama codename Ice Cream Sandwich hadir dengan Ui yang sangat keren dan berkesan. Fitur baru yang diberikan oleh Ice Cream Sandwich ialah Holo Theme, Thumbnail pada Multitaskingnya, notifikasi yang lebih baik, lock yang keren, data usage, kamera yang lebih bagus, mencari email secara offline, dan NFC.

Selain itu diVersi ini pertama kali System android memberikan fitur untuk mengambil screenshot tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

ICS

Source Gambar

11. Android 4.1.x-4.2.x (Jelly Bean)

Android Jelly Bean baru saja dirilis pada tanggal 27 Juni 2012 di konfrensi Google I/O lalu. Disini kamu akan melihat lebih banyak fitur yang diperbarui seperti tampilan yang lebih halus, performa yang lebih bagus, project butter, Input teks yang lebih peka, Google Now, Google Wallet, Bluetooth transfer data untuk Android Beam, voice search yang lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Android Jelly Bean

Source Gambar

12. Android 5.x.x (Key Lime Pie)

Untuk Android Versi ini belum juga dirilis dipasaran. Rencananya Google akan merilis pada tahun 2013. Banyak rumor mengenai seperti apa key lime ini dan semuanya  masih belum terbukti. Namun yang jelas Key Lime Pie ini tidak akan menghilangkan fitur SMS dan Missed Call.

Key Lime Pie

Source Gambar

Uniknya semenjak versi Cupcake nama android berurutan berdasarkan abjad dan mengambil dari nama makanan. Yah semoga saja sebelum versi terbarunya muncul ngonoo udah bisa membeli Google sehingga namanya lebih Indonesia. misal Android Lemper, Android Mendoan, Android Nongko sabrang dan seterusnya.

Oh iyaa.. Jangan Terlalu Serius..!!

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.