ASUS Zenfone Max Pro M2

Gak Bisa Uninstall Aplikasi di Android? Mungkin Gara-Gara Ini Penyebabnya Gais

Radityo | Tip & Trik | 07 Oct, 2014

Memang gak bisa dipungkiri ya gais kalo di Google Play Store ada banyak banget aplikasi yang tersedia, baik secara gretongan atau secara berbayar. Tapi kalo diliat dari konsumennya sih mesti lebih banyak yang suka mendownload berbagai macam aplikasi yang gretongan alias gratis. Oleh karena itu juga gais kebanyakan pengguna Android mesti nyimpen banyak banget aplikasi di gadget Android kesayangnnya.

Gak salah juga sih untuk nyimpen berbagai macam aplikasi di gadget, asalkan hal tersebut gak bikin gadget Android kamu jadi lemot aja. Dan seperti yang diketahui bersama, kalo udah mendownload aplikasi di gadget Android kan secara otomatis juga akan diinstall. Install menginstall kayak gitu sih bukan hal yang sulit, karena dilakukan secara otomatis oleh sistem. Yang sulit adalah ada kalanya aplikasi yang diinstall tidak mau dihapus atau diuninstall.

Kan ya gak semua aplikasi yang ada di gadget akan bertahan selamanya. Biasanya ada yang habis download lalu dicoba dan gak cocok sama aplikasi tersebut, nah kalo hal itu udah terjadi jalan satu-satunya adalah menguninstall aplikasi yang bersangkutan. Mungkin juga ada dari kalian yang pernah mengalami betapa susahnya menguninstall suatu aplikasi di gadget Android, tapi kenapa hal tersebut bisa terjadi ya? Berikut penjelasannya gais, monggo disimak.

1. Aplikasi Tersebut Disetting Sebagai Administrator

Yang perlu kalian ketahui bersama gais, gak semua aplikasi dibuat sama. Dalam artian, ada aplikasi yang tidak membutuhkan ijin untuk mengakses sistem operasi Android, namun ada sebagian pula aplikasi yang membutuhkan ijin untuk mengakses sistem operasi Android, seperti mengakses fungsi dan database yang ada di gadget Android agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik. Disamping itu ada juga aplikasi yang bisa mengakses fungsi administrator, aplikasi kayak gitu bisa mengatur password, lock/unlock hape, melacak suatu lokasi, dan berbagai macam fungsi administrator yang lainnya. Kalo ada aplikasi kayak gitu di gadget kalian, maka jangan heran kalo untuk menguninstallnya akan sangat sulit dan harus menonaktifkan aksesnya ke fungsi administrator terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir dulu gais, tetep ada caranya kok biar aplikasi kayak gitu bisa kalian uninstall. Pertama kalian masuk ke menu Setting, lalu cari menu Security, dan masuk lagi ke menu Device administrator. Jika kalian melihat aplikasi yang akan kalian hapus ada tanda centangnya, maka kalian tinggal menghilangkan tanda centang tersebut. Kalo udah kalian tinggal mengunistall aplikasi tersebut, gampang kan gais?

2. Aplikasi Tersebut Adalah Bloatware atau Bagian Dari Sistem Operasi Android

Bloatware sebenarnya adalah sebutan untuk software yang disertakan secara pre-loaded oleh produsen hape yang bersangkutan. Dan sebagian emang termasuk software yang gak berguna, tapi gak bisa dihapus atau diuninstall karena software tersebut dilabeli sebagai bagian dari sistem operasi. Walopun aplikasi tersebut gak bisa diunistall tapi ada cara biar aplikasi tersebut tidak memakan RAM. Caranya juga mudah kok gais, kalian tinggal masuk ke menu Setting, lalu masuk lagi ke menu Application manager, lalu liat aja apakah aplikasi tersebut mempunyai opsi disable/turn off apakah tidak. Kalo aplikasi tersebut punya opsi disable/turn off maka kalian bisa melakukan disable/turn off. Gampang kan gais caranya.

Monggo dipraktekkan gais, sapa tau ada aplikasi di gadget android kamu yang gak bisa dihapus gara-gara penyebab di atas.

gambar: Tempat Sampah Buat Uninstall Aplikasi via Shutterstock