Tips Agar Motor Tidak Mogok Saat Melibas Genangan Air

Ibu-ibu Lagi Merenung Motornya Kebanjiran
Ibu-ibu Lagi Merenung Motornya Kebanjiran

Akhirnya musim hujan sudah tiba gais, setelah terjadi kekeringan disana-sini sekarang saatnya menikmati turunnya air dari langit. Sebagian besar wilayah di Indonesia memang sudah mengalami musim hujan, namun memang belum merata terjadi di semua wilayah.

Musim hujan memang ada enak dan gak enaknya ya gais, enaknya ya udara jadi adem. Gak enaknya ya bisa bikin banjir. Kan sekarang banjir gak hanya identik dengan ibu kota negara saja, melainkan di beberapa wilayah di Indonesia sudah merasakan yang namanya banjir ini.

Nah berbicara soal banjir, mungkin di kota kalian juga sering mengalami kejadian ini gais. Walaupun bukan banjir yang besar, tapi kalau udah liat genangan air di jalan yang cukup tinggi maka bisa bikin was-was, takut kalau nanti banjirnya tambah gede dan kalau mau pergi harus pakai perahu karet, kan ribet ya gais. Genangan air memang selalu menjadi “musuh” tersendiri buat pengguna jalan raya, khususnya buat para pengendara kendaraan bermotor.

Kalian mungkin juga sering lihat kalau pas hujan deras dan ada genangan air yang cukup tinggi maka tidak jarang ada pengguna motor yang motornya mogok alias mati gak mau di starter. Biasanya para pengguna motor tersebut asal menerjang genangan air aja gais, pokoknya ngebut terus walaupun genangan air di depan mata.

Kalau motornya udah mogok gitu kan bikin repot ya, udah ujan-ujanan, kedinginan, motor mogok, gak ada pasangan yang bisa ngasih kehangatan, wah pokoknya tragis deh kalau udah kayak gitu. Makanya kalau naik motor dan di depannya ada genangan air jangan asal main terjang aja gais.

Eh tapi ternyata ada tipsnya loh biar kalian bisa menerjang genangan air dengan aman tanpa motor akan mengalami mogok.Tips ini hasil wawancara saya langsung dengan bapak-bapak bengkel yang ada di dekat rumah, makanya saya akan bagi tips ini buat kalian gais, sapa tau bisa bermanfaat. Ini nih tipsnya gais.

1. Jangan ngebut kalau pas di depannya ada genangan air.

Nah ini tips yang pertama gais, sebisa mungkin jangan ngebut banget, soalnya kalau kalian ngebut pas lagi menerjang genangan air nanti airnya bisa menyiprat ke dalam busi motor. Kalau udah gini pasti motor bakalan mogok.

2. Jangan berhenti saat berada di genangan air.

Kalau kalian terpaksa melintasi genangan air yang cukup tinggi usahakan tetap melaju dengan kecepatan pelan-pelan. Jangan malah berhenti pas di genangan air loh gais, karena nanti airnya bisa masuk ke dalam busi motor. Kalau seumpama kalian tetap jalan dengan pelan hal ini akan memperkecil kemungkinan air masuk ke dalam busi motor.

3. Pertahankan kecepatan yang konstan.

Kecepatan gas yang konstan akan memperkecil kemungkinan air untuk masuk ke dalam busi motor, karena gelombang air juga akan bergerak secara konstan. Namun kalau kalian buka-tutup gas saat melintas di genangan air nanti gelombang air akan menjadi tidak konstan dan akibatnya bisa masuk ke dalam busi motor. Hal ini juga berlaku untuk motor matic yang enak dipakai buat buka-tutup gas.

4. Gunakan gigi satu saat melintasi genangan air.

Selalu usahakan menggunakan gigi satu saat kalian melintasi genangan air, terkecuali untuk motor matic loh ya gais. Kenapa harus menggunakan gigi satu? Karena dengan gigi satu maka tarikan motor akan ringan, sehingga menghambat air untuk masuk ke dalam knalpot.

5. Cari jalan alternatif lain.

Kalau seumpama genangan air udah tinggi banget dan motor tidak bisa melintasi jalan tersebut jangan coba-coba nekat untuk lewat loh gais. Sebisa mungkin cari jalan alternatif yang lainnya, biar motor selamat alias gak mogok.

Nah itu beberapa tips hasil wawancara saya dengan bapak-bapak bengkel di dekat rumah. Kalau seandainya saja motor kalian tetep mogok setelah mencoba beberapa tips di atas, maka yang harus kalian lakukan adalah meminggirkan motor, buka businya, dan keringkan busi tersebut. Lalu jangan lupa pasang lagi gais, semoga aja motor bisa nyala lagi. Semoga aja bisa bermanfaat buat kalian gais. Jangan lupa bawa jas hujan di dalam motor dan selalu hati-hati saat berkendara.

Gambar: Ibu-ibu dengan Wajah Sedih Karena Motornya Terendam Banjir via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.