Toilet Jongkok Ternyata Lebih Baik Dari Toilet Duduk, Emang Iya?

  • Share
Toilet Duduk Bersih

Siapa sih yang gak pernah menggunakan toilet? Tentunya semua pasti pernah menggunakan toilet. Toilet sendiri memang mengalami perkembangan gais, mulai dari toilet dengan bentuk sederhana yang ada di pinggir sungai (seperti yang ada pada film Warkop DKI), toilet jongkok, toilet duduk, dan toilet duduk yang udah canggih.Untuk toilet duduk yang udah canggih ini mungkin hanya berada di Jepang aja ya gais. Toilet duduk canggih dilengkapi dengan berbagai tombol yang kegunaannya bermacam-macam, malah bikin bingung yang makai.

Toilet Jongkok
Toilet Jongkok

Tapi kita gak akan berbicara tentang kecanggihan toilet duduk yang ada di Jepang sana gais, melainkan akan berbicara tentang mana yang lebih baik, apakah toilet jongkok atau toilet duduk. Untuk rumah-rumah modern pada jaman ini mungkin sebagian besar sudah menggunakan toilet duduk. Memang dengan toilet duduk maka kesannya lebih modern, lebih bersih, dan lebih fleksibel dalam penggunaannya, kalau mau membuang kotoran tinggal pencet tombol flush, dan kotoran akan lenyap seketika.

Berbeda dengan toilet jongkok yang kesannya lebih kuno, keliatan kurang bersih, dan kalau mau membuang kotoran harus manual disiram pakai gayung. Namun ada hal yang harus kalian ketahui gais, karena ternyata toilet jongkok malah justru lebih baik dibandingkan dengan toilet duduk. Wah kok bisa ya? Berikut beberapa alasan kenapa toilet jongkok lebih baik ketimbang toilet duduk gais.

1. Saat melakukan BAB pakai toilet jongkok membuat proses pembuangan kotoran menjadi lebih mudah. Hal itu dikarenakan pada saat jongkok ada tekanan yang muncul secara alami, sehingga akan membuat proses BAB menjadi lebih lancar.

2. Dengan toilet jongkok, maka bisa melindungi saraf panggul sehingga aktivitas seksual tidak akan terganggu. Selain itu bisa juga mengontrol saluran kantung kemih.

3. Bisa mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar yang diakibatkan oleh kotoran yang masih tertinggal di dalam tubuh. Beda kalau pakai toilet duduk, dimana saat BAB tidak akan maksimal karena tidak adanya tekanan.

4. Menghindarkan masuknya kembali kotoran ke dalam tubuh yang dapat berakibat pada usus kecil.

5. Dengan toilet jongkok maka bisa menjaga saraf prostat, saluran prostat, dan uterus agar tidak mudah rusak sehingga bisa berakibat pada kesehatan tubuh.

6. Khusus untuk wanita yang sedang hamil, penggunaan toilet duduk akan menyebabkan adanya penekanan pada rahim, sehingga bisa berakibat pada pergerakan bayi dalam perut.

Nah itu dia gais beberapa alasan dan penjelasan kenapa kok toilet jongkok lebih baik daripada toilet duduk. Buat yang lagi bangun rumah atau yang lagi mau rencana bangun rumah monggo hal ini diperhatikan baik-baik. Demi kesehatan anggota keluarga kalian soalnya gais.

Gambar: Toilet Duduk Bersih via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.