Arsip  

Rambut Orang Ini Berharga 300 Juta

NGONOO.com – Seikat potongan rambut biasanya akan tidak berharga dan terbuang begitu saja. Tapi seikat potongan rambut milik salah seorang tokoh dunia ini berhasil terjual seharga $ 25.000 dolar AS atau sekitar Rp312,650 juta. Wow!

Seikat rambut tersebut adalah milik mendiang Presiden Amerika, Serikat Abraham Lincoln. Rambut itu diambil oleh Dokter Bedah Umum Joseph Barnes tidak lama setelah Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth pada 14 April 1865.

Pada awalnya rambut tersebut dimiliki oleh penggemar sejarah, Donald Dow. Menurut keterangan rumah lelang Heritage Auction, Donald Dow memiliki memorabilia terbaik Lincoln yang pernah ada. Dow sendiri adalah seorang pemilik galeri seni di Fort Worth, Texas yang mengoleksi memorabilia Lincoln selama lebih dari 50 tahun mulai dari tahun 1963.

rambut abraham lincolnimage via inherited-values.com

Dalam sebuah lelang belum lama ini, selain rambut Abraham Lincoln terjual juga surat perintah penangkapan Booth sang pembunuh Abrahan Lincoln seharga $ 21.250 dolar AS. Acara tersebut melelang sekitar 300 benda memorabilia Abraham Lincoln milik Dow.

Ada juga sebingkai dokumen kompilasi yang berisi tanda tangan Lincoln, Booth dan Boston Corbett, petugas polisi yang menembak Booth. Dokumen ini terjual lebih mahal, yaitu $ 30.000 dolar.

Donald Dow yang telah meninggal pada tahun 2009 ini sempat berpesan kepada keluarganya untuk melelang barang koleksinya. Hal tersebut dilakukannya agar para kolektor lainnya berkesempatan untuk menikmati juga barang-barang memorabilia Presdien Amerika ke -16 ini.

Abraham Lincoln via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.