Liga Italia: Derby Ibu Kota Italia, As Roma Vs SS Lazio

  • Share
Liga Italia: ROMA vs LAZIO
Liga Italia: ROMA vs LAZIO

Liga Italia – Diakhir pekan ini Kota Roma akan memanas jelang bergulirnya Derby della Capitale jilid ke-142 di Serie-A pada hari Minggu pukul 21:00 WIB. Ibu Kota Italia hari Minggu nanti akan menjadi panas dengan terjadinya pertarungan siapa yang lebih pantas jadi penguasa Ibu Kota.

Mari kita bahas sedikit tentang Derby della Capitale ini, Lazio adalah tim pertama yang berdiri di kota Roma. Lazio yang berdiri pada tahun 1900 mengklaim sebagai satu-satunya klub sepak bola nomor satu di kota Roma sebelum akhirnya berdirilah As Roma Pada tahun 1927. Roma dibentuk untuk melawan dominasi klub-klub Italia Utara yang saat itu menguasai Juara Liga, seperti Juventus,AC Milan, dan Inter Milan.

Dengan terbentuknya As Roma, Lazio merasa dilecehkan dengan berdirinya tim tersebut. Karena mengklaim sebagai penguasa kota Roma merasa disaingi dengan terbentuknya klub As Roma. Lazio ditawari untuk bergabung dengan tim tersebut namun Lazio sendiri menolak bergabung karena merasa sebagai klub sebenarnya di Roma.

roma vs lazio
roma vs lazio

Di sisi lain, klub baru kota Roma, AS Roma, menganggap Lazio sebagai pembangkang karena menolak bergabung. Dari situlah bibit kebencian muncul dan tak pernah luntur sampai sekarang.

Laga tim sekota ini adalah laga yang paling menarik untuk disaksikan. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim Lazio masih unggul dengan dua kemenangan dan dua hasil imbang. Lazio berada dalam trend positif, dalam lima laga terakhir Lazio belum pernah terkalahkan dalam ajang apapun.

Di pertandingan Derby musim ini kedua tim masih sama-sama kuat. Roma yang ingin meraih kemenangan demi memuluskan langkah menempati posisi puncak akan berusaha memaksimalkan laga kali ini, pasalnya dalam pertandingan terakhinya Roma hanya menang tipis atas Udinese, itupun lewat gol kontroversi.

Posisi Lazio diklasemen berada di bawah Roma dengan berbeda sembilan poin. Lazio pernah mencatatkan kemenangan terbesar dalam derby ini dengan skor 3-0. Patut untuk dinantikan laga panas kali ini bagi pecinta sepak bola Italia.

 

 

Gambar: Bendera Italia via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.