Beraksi Menentang Rasisme, Kanye West Dapat Penghargaan

  • Share

NGONOO.com – Kanye West dikenal sebagai seorang seleb yang hobi ceplas-ceplos dan mengeluarkan celaan ke beberapa pihak. Tak jarang celaan tersebut menimbulkan pertikaian antar sesama artis. Masih inget dong pertikaian Kanye West dengan Taylor Swift di atas panggung Grammy Awards beberapa waktu yang lalu, dan kejadian tersebut terulang di panggung Grammy Awards tahun 2015. Kanye West bertikai dengan pemenang`Album of The Year`, Beck. Hal tersebut dikarenakan Kanye seolah tidak terima atas kemenangan Beck dalam kategori tersebut.

Namun kali ini celaan yang dilontarkan suami Kim Kardashian ini justru mendapatkan sebuah penghargaan. Beberapa waktu lalu ia berhasil mendapatkan Visionary Award dalam BET Honors. West mendapatkan penghargaan karena kata-katanya yang mencela rasisme.

shutterstock_255364387Kanye West via Tinseltown / Shutterstock.com

Dalam kata-kata sambutannya, West memberikan contoh padaaudience tentang pernikahannya dengan seorang wanita yang ‘kulitnya tak berwarna’ yaitu Kim Kardashian West. Ia pun berseloroh “Seharusnya orang-orang tidak menuduh Kim mengencani pria kaya berkulit hitam, karena ia telah berkencan dengan dengan seorang laki-laki bangkrut berkulit hitam, jadi ini sama sekali tak ada hubungannya dengan uang” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama West pun bercerita tentang pengalaman yang menimpa keluarga Kim. Ayah Kim, Robert Kardashian mendapati mobilnya dicoret-coret dengan tulisan Nigger Lover oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Namun ayah Kim menanggapi hal tersebut dengan santai, Kim pun bertanya kepada ayahnya kenapa bisa bersikap seperti itu. Dan ayah Kim pun berkata padanya “suatu hari nanti, kamu akan memiliki seorang anak berkulit hitam. Seorang anak berkulit hitam yang sangat cantik. Dan itu akan menjadi hal yang sangat sulit. kau akan tahu nanti bagaimana sulitnya,”.

Isu rasisme memang masih menjadi hal yang masih sangat sensitif di dunia barat. Banyak kasus intimidasi yang terjadi secara lagsung maupun tidak langsung kepada para warga berkulit hitam di luar negeri sana.

Oleh karena itu sebagai warga kulit hitam, West memfokuskan pidatonya saat itu pada rasisme secara keseluruhan. Ia mengungkapkan, “Secara mikro adalah ketika kita fokus pada perbedaan ras yang melawan sesuatu yang makro, yaitu ras umat manusia,”.

Salut deh buat Kanye West, walaupun sering membuat kontroversi dengan tingkahnya, namun West membuktikan bahwa ia adalah orang yang peduli dan menentang adanya rasisme.

 racism via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.