Hello Barbie, Boneka Canggih Yang Bisa Diajak Ngobrol

  • Share

NGONOO.com – Barbie biasanya hanya bisa dimainkan oleh anak-anak secara manual. Tapi saat ini telah diciptakan sebuah Barbie dengan kemampuan yang tidak dimiliki oleh Barbie biasanya. Karena barbie yang satu ini bisa diajak berinteraksi alias bisa diajak ngobrol oleh anak yang memainkannya.

Sebuah perusahaan pembuat mainan bernama Mattel bekerjasama dengan startup asal San Francisco, ToyTalk untuk mengembangkan Barbie yang terkoneksi internet dengan Wi-fi  sehingga bisa melakukan pembicaraan, bermain game interaktif, sampai bercerita dan bercanda. Barbie canggih tersebut diberi nama Hello Barbie.

hello barbie1image via newsweek.com

Anak-anak bisa berinteraksi dengan boneka melalui mikrofon dan speaker yang terletak di kalung Barbie. Semua kata-kata yang diucapkan Barbie ditulis oleh staf dari ToyTalk dan disimpan dalam cloud database. ToyTalk pun memberikan kontrol kepada orang tua  atas interaksi anak mereka dengan Barbie tersebut. Misalnya, orang tua bisa memilih topik yang boleh dan tidak boleh dibahas oleh anak-anak mereka. Setiap saat, orang tua juga bisa menghapus informasi yang menurut mereka adalah informasi yang bersifat privasi dari database ToyTalk tersebut.

Sebelumnya juga pernah diproduksi mainan serupa yang disebut My Friend Cayla. Ken Munro, seorang peneliti keamanan dari Pen Test Partners melakukan pengujian terhadap mainan tersebut. Dan hasilnya, ia memperingatkan bahwa ada masalah keamanan pada jenis mainan ini. Namun menurut pihak ToyTalk, Martin Reddy mengungkapkan semua interaksi Hello Barbie melalui melalui sambungan yang aman. Jadi informasi yang akan dikeluarkan maupun diunggah dapat dikotrol dengan baik.

Perusahaan telah merilis prototipe Hello Barbie pada 14 Februari 2015 kemarin. Rencananya produk ini akan mulai dipasarkan tahun ini dengan harga $74,99 atau sekitar Rp 900 ribuan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.