6 Hal yang Menjadikan El Clasico Salah satu Pertandingan Terbesar

  • Share

NGONOO.com  – Pertandingan dua klub terbesar di tanah Spanyol antara Barcelona dan Real Madrid memang selalu menjadi tontonan yang sangat menarik dan menyedot jutan pasang mata di seluruh dunia. Drama-drama yang terjadi dilapangan juga selalu ditunggu-tunggu oleh pecinta sepakbola diseluruh dunia. Lalu apa sih yang menjadikan pertandingan yang berjatuk El Clasico ini besar?

Salah satunya adalah rivalitas antar dua kawasan terbesar di Spanyol. Barcelona mewakili Catalan dan Real Madrid mewakili tanah Spanyol. Lalu ada apa lagi? Simak dalam 6 hal yang menjadikan pertandingan ini besar seperti dilansir dari ftb90.com.

Arti El Clasico

Dalam bahasa Inggris disebut dengan The Classic dan dalam bahasa Indonesia berarti klasik, adalah derby yang mempertemukan dua klub raksasa Spanyol yaitu Real Madrid dan FC Barcelona.

Berawal dari Turnamen Mini

Beberapa sumber mengatakan jika pertandingan pertama antara kedua tim ini terjadi di sebuah turnamen mini yang diselenggarakan untuk memperingati penobatan Raja Alfonso XII pada tahun 1902. Pertarungan dua tim ini juga menjadi simbol pertarungan politik antara pihak pemerintahan Spanyol yang diwakili Real Madrid, dan pihak Catalonia yang diwakili Barcelona.

Ada juga yang mengatakan terjadi di tahun 1929, dimana saat itu Real Madrid unggul tipis 1-2 atas Barcelona.

Koleksi Trofi

Champions League final

Baik Madrid maupun Barca adalah tim besar Spanyol, Eropa bahkan dunia. Kedua tim sudah pernah menjuarai Piala Dunia antar Klub. Namun jika bicara soal trofi nih ya, Barca lebih unggul ketimbang tim Ibukota. Dalam beberapa tahun terakhir Barca berhasil mengalahkan rivalnya Madrid. Barcelona telah meraih 83 trofi sedangkan Real Madrid telah meraih 79 trofi.

Punya Stadion Terbesar di Eropa

​Nama besar Barcelona dan Real Madrid juga didukung oleh kualitas stadion yang mereka miliki. Santiago Bernabeu dan Camp Nou masuk kedalam jajaran stadio terbesar di Eropa. Itulah sebabnya kenapa jika kedua tim ini bertanding selalu rame banget.

Pemain Penghianat

figo

Duel ini layaknya sebuah medan perang. Oleh karena itu, pemain yang membelot pindah dan ke tim rival bisa dicap pengkhianat. Pemain pertama yang menyebrang ke sang rival adalah Alfonso Albeniz dari Barca ke Madrid. Kemudian dibalas kepindahan pemain Madrid ke Barcelona yang dilakukan oleh Luciano Lizzaraga pada 1905 dan terus menerus. Puncaknya adalah perpindahan Luis Figo Pada tahun 2000, Figo pindah dari Barcelona ke Real Madrid secara langsung.

Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Messi dan Ronaldo

Mungkin kamu setuju jika pertarungan ini semakin memanas setelah kedatangan Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho ke Real Madrid. Ronaldo dan Messi kerap dibandingkan karena keduanya dianggap sebagai pemain terbaik dunia di era sepakbola modern. Kedua pemain ini selalu menjadi sorotan dan diperbandingkan. Faktanya, Messi memang sedikit lebih unggul ketimbang Ronaldo jika menilik jumlah prestasi dan gol-golnya.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.