Harga Komponen iPhone 7 Dibandrol Dengan Harga Kurang Dari Rp 3 Juta

  • Share

NGONOO.com – Pasti kamu nggak nyangkakan kalau iPhone 7 keluaran terbaru ini punya komponen yang total harganya setelah disatuin ternyata gak sampai Rp 3 juta. iPhone 7 versi standar dibandrol dengan harga sekitar Rp 8,5 jutaan gaes, rincian harga ini diperoleh melalui situs Bussiness Insider.

Rincian harga yang disebutkan ini adalah hasil riset dari IHS gaes yang melakukan pembongkaran dan mencari tahu serta mempelajari seluruh komponen iPhone 7. Pada tahun lalu IHS juga mengecek rincian harga komponen iPhone 6s, harga yang harus dibayar Apple untuk segala material yang digunakan iPhone 6s adalah US$ 211 atau setara dengan Rp 2,7 jutaan.

komponen-iphone-7

Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah chipset seharga US$ 26,9 (Rp 350 ribu), layar seharga US$ 43 (Rp 565 ribu), serta kamera utama dan kamera depan seharga US$ 19,9 (setara Rp 261 ribu). Darip laporan ini kita bisa melihat kalau harga komponen iPhone 7 lebih mahal jika dibandingkan dengan iPhone 6s.

ihs-iphone-7

ihs-iphone-7-1

ihs-iphone-7-2

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga komponen yang dibandrol oleh iPhone 7 Plus dengan fitur dual camera yang dibawanya. Menurutmu gimana gaes? Apakah harga yang dibuat oleh IHS ini benar-benar harga yang mendekati Apple untuk membuat sebuah iPhone 7?

Selaku CEO Apple, Tim Cook sendiri sempat mengkritik pembongkaran komponen iPhone yang dilakukan oleh perusahaan riset, karena tak satupun dari mereka yang mendekati biaya aslinya. Gini gaes, berdasarkan sumber yang ane ikuti, IHS memang hanya memperkirakan harga berdasarkan komponen-komponen saja, mereka tidak masukkan unsur pergudangan, riset dan pengembangan, serta pemasaran produk tersebut.

Jadi harga komponen yang terdapat pada iPhone 7 setelah dilakukan riset oleh IHS ini adalah harga secara kasarannya aja gaes.

via bussinessinsider

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.