Asus Zenfone Max Pro M2

Review Meizu M5 Note: Desain Elegan Berbodi Metal

Taufiq Hasan | Reviews | 25 Mar, 2017

Meizu merupakan salah satu brand smartphone dari Tiongkok yang mencoba masuk ke pasar Indonesia, semacam Xiaomi, Vivo, dan Oppo gitu lah. Meizu sudah memiliki banyak model smartphone yang juga sudah banyak beredar di pasar dunia, forum-forum dari pengguna juga bisa ditemukan dengan mudah di internet. Secara umum, Meizu menawarkan pengalaman menggunakan smartphone Android yang berbeda dengan brand lain.

Kali ini saya akan mengulas model terbaru yang masuk ke pasar Indonesia, yaitu Meizu M5 Note, bisa ditebak kan kalau sebelumnya sudah ada M1, M2, M3, meskipun entah kenapa seri M4 nggak ada dalam daftar produk mereka.

Meizu M5 Note digadang-gadang menjadi salah satu produk andalan dari Meizu, karena spesifikasi hardware yang dimiliki memang bisa disandingkan dengan flagship-nya smartphone Tiongkok lainnya.

Spesifikasi Hardware Meizu M5 Note

Warna Grey/Silver/Gold
Layar 5.5 inci
Full HD (1920ร—1080)
403 ppi
CPU MediaTek Helio P10 1.8 GHz
GPU Mali-T860
Storage 16/32/64 GB internal, up to 32 GB microSD Card support
Ram 3 GB
Konektivitas 4G LTE
Dual SIM card
SIM 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
SIM 2: 2G/3G/4G Nanoย SIM Card
802.11 a/b/g/n WiFi, 5 GHz dan 2,4 GHz
Bluetooth 4.0
Dukungan BLE
OS Android 6.0 Marshmallow
Kamera Belakang Aperture besar ฦ’/2.2
Lensa 5 elemen
Pengambilan gambar terus menerus
Panorama
PDAF kecepatan tinggi
Flash dua warna
Kamera Depan 5 megapiksel
Aperture ฦ’/2.0
Lensa 4 elemen
Algoritme kecantikan ArcSoftยฎ
Penyesuaian kecerahan muka yang pintar Face AE
Baterai 4000 mAh (non-removeable)
Sensor Sensor magnetic hall, sensor gravitasi, sensor kedekatan infra merah, giroskop, sensor cahaya sekitar, sensor sentuh, kompas digital, sensor sidik jari
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, Kompas digital
Berat 153.5 g
Dimensi Tinggi: 153,6 mm
Lebar: 75,8 mm
Tebal: 8,1 mm
Proteksi Gorilla Glass 3

Desain elegan dengan bodi almunium dan 2.5D Glass

Bodi almunium dan 2.5D glass sedang menjadi tren desain smartphone, mungkin sejak beberapa tahun belakangan ini beberapa model smartphone bentuknya mirip-mirip. Dua hal ini memang sangat memperngaruhi kesan desain sebuah smartphone, jadi kelihatan lebih elegan gitu. Meskipun ada kekurangannya, yaitu pegangannya jadi licin dan kalau sampai jatuh bodi penyok dan karena 2.5D glass ini bisa mepet banget sama tepi smartphone, maka sangat beresiko terkena benturan saat terjatuh.

Di bagian belakang Meizu M5 Note ada kamera dan flash light, ada juga dua garis di bagian atas dan bawah untuk antena. Lalu ada tombol power dan volume di bagian kanan, dan slot SIM card di bagian kiri.

Bagian paling menarik dari smartphone Meizu adalah bagian depannya, ada kamera selfie, layar, dan sebuah tombol navigasi. Nah, tombol ini yang unik, karena biasanya smartphone Android punya 3 tombol navigasi.

Tombol navigasi ini berfungsi sebagai tombol Home dan Back, kalau ditekan jadi tombol Home, kalau disentuh jadi tombol Back. Tombol ini sekaligus jadi fingerpring sensor. Menurut saya, ini oke banget.

Performa oke buat kebutuhan sehari-hari

Meizu M5 Note nggak di-branding untuk menjadi smartphone selfie, smartphone tangguh/anti air, smartphone berbaterai super besar atau smartphone-smartphone lainnya yang biasa digunakan oleh brand untuk mendongkrak penjualan. Kalau saya lihat, Meizu M5 Note ini lebih bisa disebut smartphone yang komplit dan memenuhi standar smartphone Android saat ini.

Penggunaan SoC MediaTek Helio P10 juga cukup unik, menurut beberapa sumber, SoC ini dirancang untuk mendukung multimedia yang lebih baik. Beda dengan Helio X10/X20/X25 yang dirancang untuk kebutuhan performa tinggi.

Helio P10 memiliki 8 core yang berjalan maksimal pada frekuensi 1,8 GHz, didukung dengan RAM 3 GB, storage 32 GB (ada beberapa pilihan ukuran storage), resolusi layar Meizu M5 Note juga sudah full HD alias 1920ร—1080ย piksel, dan baterai sebesar 4000 mAh. Kurang apa lagi coba? Oh fingerprint sensor, nah, lengkap sudah persyaratan untuk memenuhi standar smartphone saat ini kan? ๐Ÿ˜€

Meizu mengembangkan Flyme OS, ini merupakan stock ROM atau ROM resmi dari Meizu untuk setiap model smartphone-nya. Flyme OS yang terpasang pada Meizu M5 Note yang saya review adalah versi 5.2 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Beberapa hal menarik tentang Flyme OS yang saya temukan adalah sebagai berikut:
โ€“ UI dan UX yang simpel.
โ€“ Pengaturan cukup lengkap baik untuk kustomisasi tampilan maupun pengaturan sistem.
โ€“ Pengaturan permission seperti untuk startup app, notifications, power mode, bahkan ada anti-virus-nya.
โ€“ Quick reply ketika ada SMS masuk, cakep banget.
โ€“ Setelah ambil screenshot bisa langsung dicrop.
โ€“ Buat yang suka utak-atik, Flyme OS mengijinkan pengguna untuk memperoleh akses root tanpa harus repot-repot menggunakan berbagai tool. Tinggal aktifkan saja fiturnya.

Dengan dukungan hardware dan OS yang dikembangkan sendiri, performa Meizu M5 Note sangat bisa diandalkan kalau cuma buat mendukung kebutuhan sehari-hari.

Baterai besar, tapi sayang agak boros

Kapasitas 4000 mAh sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memberikan daya pada sebuah smartphone untuk sehari penuh, tapi entah kenapa Meizu M5 Note ini agak boros, selama saya pakai sehari-hari, smartphone ini cuma bisa bertahan dari bagi sampai sore.

Dugaan saya ada pada Flyme OS, saya sampai coba-coba upgrade dan downgrade untuk membandingkan.
โ€“ Pertama kali saya terima, Meizu M5 Note sudah terpasang Flyme 6.7.3.14 beta, smartphone terasa panas dan baterai cepat sekali habisnya.
โ€“ Saya downgrade ke Flyme 6.0.2.1A, baterai tetap terkuras cepat dan tetap terasa panas meskipun nggak sepanas waktu pakai versi 6.7 beta.
โ€“ Akhirnya saya downgrade lagi ke Flyme 5.2.11.3A, nah permasalahan temperatur teratasi dan baterai cukup irit, meskipun untuk ukuran 4000 mAh tetap masih terlalu boros. Karena sebelumnya saya pakai Xiaomi Redmi 4 Prime yang juga punya baterai 4000 mAh bisa bertahan 24 jam lebih.

Permasalahan lainnya adalah ketika smartphone di-charge suhunya meningkat drastis. ๐Ÿ™

Kamera 13 megapiksel berfitur lengkap

Aplikasi kamera bawaan dari Meizu M5 Note memiliki banyak mode, antara lain Auto, Manual, Video, Beauty, Panorama, Light Field, Slow-mo, Scan, Macro, dan GIF. Menurut saya sih ini termasuk yang paling lengkap mode-nya jika dibandingkan dengan beberapa brand lain. Pada Flyme 6 ditambah lagi dengan fitur Time Lapse.

Soal kualitas, standar lah ya. Dengan sensor 13 MP maka foto yang bisa dihasilkan maksimal berukuran 4208ร—3120. Sistem auto-focus-nya juga oke, cepat dan akurat. Lumayan banget lah kalau buat bikin foto yang background-nya blurry gitu. ๐Ÿ˜€

Hasil foto Meizu M5 Note

Dual-SIM dengan jaringan 4G LTE

Khusus untuk pasar Asia Tenggara, fitur dual-sim sangat mempengaruhi minat pembeli, di Indonesia, bahkan di sekitar kita, bisa terlihat jelas kenapa fitur ini sangat penting, yaitu agar biaya internet bulanan bisa lebih ngirit dan bisa gonta-ganti operator dengan mudah, tinggal pilih mana yang paling kenceng koneksinya.

Flyme OS pada Meizu M5 Note ini juga sangat mengakomodir kebutuhan penggunanya yang hobi gonta-ganti kartu, karena switch SIM untuk koneksi internet bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jaringan 4G bisa berjalan pada semua slot sim card.

Kesimpulan

Meizu M5 Note sudah dijual secara resmi di Indonesia dengan harga kisaran 2,8 jutaan, ini berarti Meizu siap bersaing dengan berbagai model smartphone di kelas harga tersebut. Tapi sejujurnya, Meizu harus memperbaiki permasalahan performa dan baterai pada Flyme OS-nya.

Jika kamu punya uang 2,8 juta, kamu punya banyak pilihan smartphone. Tau kan maksud saya.. ๐Ÿ™‚