Agar WhatsApp Tidak Selalu Menyimpan File yang Dikirim Teman, Begini Caranya

  • Share

WhatsApp memang sangat berguna, selain untuk berkomunikasi bisa juga digunakan untuk mengirim file. Mulai dari foto, video, sampai dengan APK. Bahkan beberapa waktu lalu WhatsApp menambahkan fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim foto tanpa mengkompresnya.

Tentu fitur kirim file di WhatsApp sangat membantu. Apalagi untuk kamu yang sering bekerja bersama teman, berkirim file adalah hal yang biasa. Namun masalah mulai muncul ketika banyak teman kamu yang mengirim file, sedangkan kamu menggunakan koneksi dari smartphone langsung.

Hal tersebut tentu akan membuat paket internet kamu cepat abis. Apalagi jika kamu mengikuti grup yang sering melakukan perang gambar. Bisa-bisa paket internet kamu langsung habis hanya gara-gara mengunduh gambar dari grup WhatsApp.

Tapi tenang saja, sebenarnya WhatsApp punya fitur untuk menonaktifkan unduh gambar baik dari grup maupun kontak. Penasaran gimana caranya? Ikuti tutorialnya dibawah ini.

Pertama, tentu saja buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Entah kamu menggunakan iOS maupun android.

Kedua, sentuh ikon titik tiga di kanan atas apllikasi WhatsApp. Kemudian pilih opsi “Setelan”.

Kemudian pilih “Penggunaan data dan penyimpanan”.

Ada beberapa opsi pada baris “Unduh otomatis media”. Kamu bisa menonaktifkan unduh otomatis dengan cara sentuh opsi “Saat menggunakan data seluler”.

Kemudian muncul 4 jenis file yang bisa kamu nonaktifkan unduhan otomatisnya. Mulai dari foto, audio, video dan dokumen. Hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan unduhan otomatis ketika menggunakan data seluler.

Jika sudah sentuh “OKE”.

Selesai.

Sekarang setiap kali teman atau grup yang kamu ikuti mengirim file (apapun itu, baik foto, video, doc, dll) WhatsApp tidak akan secara otomatis mengunduhnya.

Pesan akan tetap masuk, tapi filenya tidak di unduh. Kamu bisa mengunduh file yang dikirim itu dengan cara menyentuhnya.

Ada dua manfaat dengan menonaktifkan fitur unduh otomatis ini. Pertama, kamu akan lebih hemat internet karena tidak selalu mengunduh file yang dikirim teman.

Kedua, menghemat penyimpanan smartphone karena tidak semua file di unduh dan disimpan di smartphone. Cocok untuk kamu yang punya smartphone dengan kapasitas penyimpanan kecil.

Salam.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.