ads

Review Honor Band 3: Harga dan Fiturnya Pas!

Taufiq Hasan | Reviews | 06 Nov, 2018

Honor merupakan sub-brand dari Huawei yang secara resmi telah masuk ke pasar Indonesia melalui beberapa situs e-commerce, salah satunya adalah Shopee. Yup, kamu bisa menemukan produk-produk Honor bergaransi resmi di Shopee karena Honor Indonesia memang memiliki toko resmi di situ. Beberapa waktu yang lalu saya coba berbelanja di sana untuk membeli Honor Band 3, gelang pintar kece yang bisa memonitor aktivitas sehari-hari.

Gelang pintar atau smartband sebenarnya telah populer sejak beberapa tahun yang lalu, tepatnya setelah berbagai brand Tiongkok seperti Huawei dan Xiaomi merilis produk dengan harga sangat terjangkau. Nah, Honor Band 3 ini adalah salah satunya, harganya cuma 300 ribuan dan menurut saya ini sangat menarik.

Tertarik meminangnya? Silakan baca ulasan saya berikut ini!

 

Hal penting yang perlu kamu ketahui

Honor Band 3 adalah sebuah entry level smartband, artinya kamu nggak akan mendapatkan fitur mewah seperti yang tertanam pada smartband mahal yang harganya bisa sampai 5 kali lipatnya. Fitur dasar saja yang tersedia, seperti pengukur langkah, detak jantung, kalori, jarak, renang, monitor tidur, sinkronisasi notifikasi smartphone, dan tentu saja jam. 😊

Harap diingat bahwa device ini nggak ada GPS-nya, jadi pengukur jaraknya adalah dengan pendekatan jumlah langkah.

Sensor yang terdapat pada Honor Band 3:

 

  • 3-axis accelerometer
  • Detached PPG cardiotachometer
  • Infrared wear sensor

 

Oke, dari sekian banyak fitur, yang nggak saya pakai hanya swim tracker, karena saya nggak bisa renang:D

Mari kita bahas satu per satu.

Bodi plastik ringan dengan strap karet, layar hitam putih, dan tahan air

Selama saya memakainya hampir 24 jam, nggak ada masalah yang membuat nggak nyaman. Strap tetap nyaman menempel di kulit, asal nggak terlalu kencang ketika memakainya saya percaya gelang pintar ini nggak akan mengganggu.

Ada tiga pilihan warna strap yaitu hitam, biru dan oranye.

Honor Band 3 nggak punya layar sentuh, semua kontrol dapat dilakukan melalui sebuah tombol bulat dengan swipe ke atas dan bawah. Lalu untuk melakukan aksi, misalnya untuk memulai aktivitas lari/jogging, kamu bisa menyentuh tombol tersebut agak lama. Sayangnya layar kurang terlihat jelas ketika di bawah terik matahari. ☹

Honor Band 3 dapat diajak menyelam sampai kedalaman 50 meter atau biasanya rating untuk ketahanan air ini disebut 5 ATM. Jadi, kalau cuma diajak mandi, wudhu, cuci piring, dan aktivitas sehari-hari sama sekali nggak masalah.

 

Penghitung langkah dan kalori yang terbakar

Ini merupakan salah satu fitur utama, karena kemungkinan ada beberapa angka yang tercatat, termasuk jumlah kalori yang terbakar. Nah, yang tampil merupakan hasil perhitungan dari jumlah langkah yang tercatat. Apakah ini akurat?

Tentu nggak 100%, device ini menggunakan accelerometer untuk mendeteksi langkah, jadi sering tertipu dengan gerakan ayunan tangan yang menyerupai ketika sedang berjalan. Misalnya ketika menggendong bayi, kebetulan saya memang punya anak bayi, jadi ketika menimang-nimang anak, saya bisa mendapatkan ratusan langkah:D

Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada jumlah langkahnya. Semakin banyak langkah, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Tentu itu adalah hasil olah data dari algoritma khusus yang berjalan pada sistem gelang pintar ini.

Tapi itu cuma persoalan yang nggak perlu dirisaukan, yang penting ketika kamu sedang lari/jogging, Honor Band 3 bisa mendeteksi jarak dengan cukup akurat.

 

Pengukur detak jantung

Sensor khusus yang tertanam di dalam Honor Band 3 untuk mengukur detak jantung adalah PPG cardiotachometer, bisa terlihat di bagian belakang device. Ketika sedang berfungsi, lampu menyala selama beberapa detik.

Sensor ini bisa diatur untuk memonitor detak jantung secara terus menerus, jadi silakan pakai terus gelangnya, dan datanya bisa dilihat pada aplikasi Health yang terpasang pada smartphone.

Untuk tingkat akurasinya saya nggak bisa menilainya, karena nggak punya alat yang bisa dibandingkan hasilnya:D

 

Monitor tidur

Tampilan aplikasi Health pada smartphone Android, dari kiri: tampilan utama, pengaturan Honor Band 3, dan sleep monitor

Device ini mampu menganalisa kualitas tidur dari data yang diperoleh pengukur detak jantung tadi, logika mudahnya mungkin ketika tidur detak jantung menurun, nah saat itulah kita dinyatakan sedang tidur.

Menurut saya sih seru, karena kita bisa melihat grafik dari kualitas tidur kita. Pada aplikasi Health, analisisnya bisa sampai tingkat REM, yaitu tidur yang sampai bola mata bergerak ke atas dan ke bawah.

Secara sekilas sih cukup tepat hasilnya, saya hanya melihat dari waktu tidur saya, kapan saya tertidur dan kapan saya bangun, sesuai dengan data yang tampil.

 

Sinkronisasi notifikasi dengan smartphone

Selain memonitor aktivitas tubuh, Honor Band 3 juga bisa menampilkan notifikasi yang masuk pada smartphone. Fitur ini bisa diatur pada aplikasi Health, setelah gelang tersambung melalui bluetooth, kamu bisa mengaturnya lebih detail.

Kamu bisa pilih aplikasi apa saja yang notifikasinya akan ditampilkan pada Honor Band 3, termasuk panggilan masuk dan alarm. Nah, khusus untuk panggilan masuk, kamu bisa mengontrolnya melalui Honor Band 3, apakah mau menerima atau menolaknya.

Pesan masuk pada aplikasi instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger bisa langsung ditampilkan pada Honor Band 3, tapi kamu nggak bisa membalasnya.

 

Daya tahan baterai

DIbekali dengan baterai berkapasitas 100mAh, Honor Band 3 bisa bertahan selama 2 minggu dengan penggunaan hampir 24 jam setiap hari, monitor detak jantung saya aktifkan dan beberapa notifikasi instant messenger pun tersinkronisasi.

 

Kesimpulan

Honor Band 3 adalah penantang serius bagi smartband yang lebih dulu populer seperti Xiaomi Mi Band 3, karena harganya sama dan fiturnya pun 11-12. Bedanya, Honor Band 3 sudah masuk Indonesia secara resmi, sedangkan Mi Band 3 belum:D

Jadi, silakan sesuaikan selera saja. Kalau kamu seorang Mi fans, saya kira nggak perlu pikir-pikir lagi, hehehe.