ASUS Zenfone Max Pro M2

Program dan Tool Terbaik Untuk Mengedit Font

Radityo | Aplikasi/Games | 18 Apr, 2019

Kalian pastinya udah tau dong apa itu font? Menurut wikipedia, font adalah rupa huruf yang memiliki ukuran, berat, dan gaya tertentu. Dalam bahasa mudahnya, font adalah gaya, bentuk, atau desain dari huruf.

Bicara mengenai font, biasanya yang suka menggunakan font dengan berbagai macam gaya adalah orang yang berkecimpung di dunia kreatif seperti desain grafis, penulis, dan lain sebagainya. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kami akan memberikan rekomendasi program apa saja yang bisa digunakan untuk mengedit font.

1. Glyphs

Glyphs merupakan program yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit font saja, tetapi bisa juga untuk membuat font. Berbekal program ini, kamu bisa membuat font sesuai dengan gaya yang diinginkan. Kamu bisa mulai membuat font hanya berbekal sketsa saja dan nanti sketsa tersebut akan diolah menjadi sebuah font. Menariknya lagi, font yang dibuat menggunakan program ini bisa diberi warna sesuai dengan keinginan kamu. Glyphs tersedia untuk perangkat Mac, dan kamu bisa mengunduhnya dengan cara klik link berikut ini.

2. Birdfont

Program kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengedit font adalah Birdfont. Program ini tersedia tidak hanya untuk Mac saja, tetapi untuk Windows dan Linux juga. Program ini bisa digunakan untuk membuat grafis vector dan mengekspor TTF, OTF, EOT, dan SVG fonts. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Birdfont dan untuk mengunduh program tersebut kamu bisa langsung menuju ke alamat website-nya saja.

3. FontStruct

FontStruct merupakan sebuah tool yang bisa digunakan untuk membuat font sesuai dengan yang kamu inginkan. Font yang sudah dibuat juga bisa kamu bagikan juga untuk orang lain, atau jika kamu ingin menggunakan font tersebut secara pribadi juga bisa. Asyiknya lagi, kamu juga bisa melihat sebuah galeri yang berisikan berbagai macam jenis font yang sudah dibuat oleh pengguna lainnya, dan kamu bisa ikut menggunakan font tersebut. Silakan mengunjungi alamat website FontStruct apabila kamu ingin mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan oleh tool ini.

4. FontForge

Program terakhir yang kami rekomendasikan untuk mengedit font adalah FontForge. Program ini menawarkan user interface yang terbilang simpel agar mudah digunakan. Menu yang disediakan untuk mengedit font juga lengkap, dengan begitu kamu bisa mengedit font sesuai dengan keinginan. Tidak hanya tersedia untuk Windows saja, FontForge juga tersedia untuk platform Linux dan Mac. Apabila tertarik untuk mengunduh program ini maka kamu cukup klik link ini saja.