ASUS Zenfone Max Pro M2

Pertama di Indonesia, Asus Hadirkan Laptop Gaming dengan Kombinasi AMD Ryzen 7 dan GTX 1660Ti

Radityo | Berita | 25 Apr, 2019

NVIDIA GeForce GTX 1660Ti telah resmi rilis dan menjadi chip grafis terbaru dari NVIDIA. Hadirnya chip grafis tersebut membuat Asus segera menjejalkannya pada produk laptop gaming terbarunya. Asus sendiri memperkenalkan dua laptop gaming terbaru yang mengusung chip grafis tersebut. GeForce GTX 1600 series merupakan chip grafis kelas menengah terbaru dari NVIDIA yang menggunakan GPU Tesla seperti pada chip grafis seri RTX. Setelah sebelumnya hadir untuk PC desktop, kini GTX 1660Ti telah hadir untuk laptop dan Asus merupakan produsen laptop pertama yang memadukan chip grafis ini dengan prosesor AMD Ryzen 7.

“Komitmen utama ASUS adalah menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggunanya,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. “ASUS telah berhasil mengkombinasikan performa chip grafis NVIDIA dengan prosesor AMD Ryzen sebelumnya dan terbukti menghasilkan performa yang kencang. Kali ini ASUS membawa kombinasi tersebut ke tingkat selanjutnya melalui prosesor AMD Ryzen 7 terbaru dengan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti yang lebih powerful,” jelas Jimmy menambahkan.

Asus ROG Zephyrus G GA502DU merupakan laptop gaming yang mirip dengan Asus ROG Zephyrus GU502GU yang tidak dilengkapi dengan sistem pendingin Active Aerodynamic System (AAS) dan merupakan salah satu laptop gaming pertama Asus yang menggunakan chip grafis GeForce GTX 1660Ti. Bedanya, ROG Zephyrus G GA502DU sudah diotaki oleh prosesor terbaru AMD, yaitu Ryzen 7 3750H.

Sekadar informasi, Ryzen 7 3750H merupakan prosesor AMD generasi terbaru yang menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread. Prosesor ini hadir dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz dan telah menggunakan arsitektur Zen terbaru dengan metode fabrikasi 12nm.

Kembali ke Asus ROG Zephyrus G GA502DU, laptop ini termasuk laptop yang tangguh karena bodinya terbuat dari material magnesium alloy. Ukuran bezel pada layarnya sendiri terbilang kecil sehingga laptop ini memiliki tampilan layar yang lega. Layar tersebut memiliki refresh rate 144Hz dan response time 3ms. Tidak hanya itu saja keunggulannya, layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE, yang hal itu membuatnya dapat digunakan oleh para profesional di industri kreatif.

Selain seri ROG, ASUS juga memperkenalkan seri TUF Gaming terbaru yakni TUF Gaming FX505DU. Laptop ini diposisikan sebagai laptop gaming kelas entry-level. Meskipun begitu, TUF Gaming FX505DU hadir dengan performa yang telah ditingkatkan berkat penggunaan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti. Chip grafis tersebut dilengkapi dengan VRAM GDDR5 sebesar 8GB yang tentu saja sangat mumpuni untuk bermain game.

Laptop ini juga hadir dengan desain bodi yang kokoh, bahkan berstandar militer MIL STD-810G. Itu berarti laptop gaming ini sudah lolos dari berbagai pengujian ekstrem dan dirancang agar memiliki durabilitas yang tinggi. Meskipun merupakan laptop gaming entry-level, namun TUF Gaming FX505DU tetap hadir dengan fitur eksklusif, salah satunya adalah anti-dust cooling yang memungkinkan debu tidak menumpuk di dalam sistem pendingin yang tentu saja dapat berpengaruh langsung pada performa pendinginan.

Selain itu, TUF Gaming FX505DU yang baru saja dirilis oleh Asus ini diotaki oleh prosesor AMD Ryzen generasi terbaru yaitu Ryzen 7 3750H. Prosesor dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4GHz dan telah menggunakan arsitektur Zen terbaru dengan metode fabrikasi 12nm. Kehadiran prosesor tersebut membuat kinerja TUF Gaming FX505DU selalu responsif, baik saat digunakan untuk bermain game maupun saat melakukan multitasking.