ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Password Manager Terbaik

Radityo | Android | 28 May, 2019

Password alias kata kunci merupakan suatu hal yang sangat penting. Saking pentingnya, orang sampai harus membuat password dengan kombinasi tertentu agar sulit dicuri. Bahkan, ada kalanya satu orang membuat beberapa password untuk beberapa akun berbeda, dan terkadang banyak yang kelupaan dengan password yang sudah dibuat.

Nah, bicara mengenai password, ada cara agar kita bisa mengelola password dengan baik dan benar serta aman. Caranya tentu saja dengan menggunakan password manager. Untuk itu, pada artikel berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai 5 password manager terbaik yang bisa digunakan baik itu di perangkat iOS, Android, maupun komputer.

1. Bitwarden

Bitwarden termasuk password manager yang banyak digunakan dan diandalkan. Software ini tidak hanya tersedia untuk perangkat mobile (iOS dan Android) saja, melainkan juga tersedia untuk komputer (Windows, Mac, Linux. Tidak hanya itu, Bitwarden juga bisa diintegrasikan dengan browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Edge, dan lain-lain. Bitwarden sendiri merupakan software yang bersifat open source. Software ini akan membantumu dalam mengelola password dan tentu saja menjaganya dengan sangat aman karena data yang masuk ke software ini akan dienkripsi. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai fitur apa saja yang ditawarkan oleh Bitwarden maka kamu bisa langsung mengunjungi alamat website-nya.

2. KeePass

Password manager berikutnya yang juga bisa kamu andalkan adalah KeePass. Software ini bersifat open source, ringan, mudah digunakan, dan disediakan secara gratis. KeePass akan mengelola dan menyimpan semua password akunmu dengan aman di sebuah database yang dikunci menggunakan master key atau kunci file. Jadi, jika kamu ingin mengakses KeePass maka kamu harus mengetahui password master key atau kamu juga bisa mengaksesnya dengan memilih kunci file. Silakan klik link ini apabila kamu berminat untuk mengunduhnya.

3. KeePass XC

KeePass XC termasuk password manager yang menarik. Software ini tentu saja akan menyimpan dan mengelola semua password-mu dengan aman. Menariknya, software ini mampu menuliskan password pada alamat website yang setiap hari dibuka. Semua data yang diunggah pada database selalu dalam kondisi sudah di-enkripsi sehingga data password pengguna semuanya aman. Langsung saja menuju alamat website-nya apabila kamu ingin mengunduh software ini.

4. Pass

Pass merupakan password manager yang akan mengelola dan menyimpan semua password yang kamu miliki dengan aman. Kenapa? Tentu saja karena semua data yang disimpan telah di-enkripsi terlebih dahulu. Software ini bakal membantumu dalam mengelola semua password yang kamu miliki. Nantinya password akan disimpan di folder yang bisa dibuat secara hierarki. Bagi yang ingin mengetahui fitur lain yang ditawarkan oleh Pass, langsung saja kamu klik link ini untuk menuju ke alamat website-nya.

5. SafeInCloud

Software password manager terakhir yang kami rekomendasikan adalah SafeInCloud. Software ini juga termasuk banyak digunakan, dan asyiknya lagi kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan opsi fitur premium berbayar. Semua data berisi password yang disimpan di database SafeInCloud bisa diakses melalui autentikasi Fingerprint, TouchID, atau FaceID. Jangan khawatir mengenai data yang tersimpan, karena semuanya akan di-enkripsi agar aman. Silakan langsung mengunjungi link ini jika kamu ingin mengunduh software SafeInCloud.