Pertolongan Pertama Pada Handphone Yang Terendam Air

  • Share
Handphone Kecemplung Air
Handphone Kecemplung Air

NGONOO.com – Air memang merupakan musuh utama buat perangkat elektronik, seperti misalnya handphone. Nah kalian juga pasti sudah tau apa akibatnya jika handphone terendam air? Handphone tersebut kemungkinan besar akan mati, kecuali jika handphone-nya sudah punya fitur tahan air.

Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini gais, kemungkinan handphone menjadi basah karena kehujanan sangat besar. Memang sih tidak selalu handphone yang kehujanan tersebut akan mati, namun jika kalian mendapati handphone kesayangan mati karena terkena air jangan panik dulu gais.

Atau kalau seandainya saja kalian lagi terkena banjir dan handphone kalian terendam air serta tidak bisa hidup lagi, jangan keburu membuang handphone kalian begitu aja. Masih ada cara yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan handphone tersebut kok.

Handphone Lagi Dijemur
Handphone Lagi Dijemur

Wajib dibaca: Helm Lembab dan Basah Ternyata Bisa Membawa Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Saat handphone basah dan mati, baik itu terkena atau terendam air, jangan buru-buru dihidupkan. Biarkan saja dalam keadaan mati gais, nanti kalau kalian buru-buru menghidupkan handphone tersebut bisa aja terjadi korsleting, akibatnya handphone kalian akan menjadi semakin parah.

Hal yang bisa kalian lakukan adalah lepas dulu baterai handphone tersebut, setelah itu dilap menggunakan tissue atau lap yang menyerap air serta yang permukaan kainnya halus. Jangan pakai kain pel loh gais. Namun jika baterai handphone tidak bisa dilepas, biarkan saja handphone dalam kondisi mati dan sebisa mungkin keringkan bagian yang bisa kalian jangkau.

Kalian jangan mengeringkan handphone dengan menggunakan hairdryer ya gais, nanti bisa-bisa angin dari hairdryer membuat air semakin melebar dan masuk ke sela-sela komponen handphone.

Selanjutnya adalah mengeringkan bagian dalam handphone itu sendiri, memang untuk mengeringkan bagian dalamnya membutuhkan waktu yang lama. Kalian biarkan saja handphone tersebut selama beberapa hari, kalau perlu sampai 2 minggu juga boleh gais.

Hal tersebut dilakukan agar air yang ada di bagian dalam handphone benar-benar kering. Atau kalau kalian punya dryer box itu juga bisa digunakan gais, kalian bisa menyimpan handphone basah tersebut ke dalam dryer box selama beberapa hari, jangan lupa dryer box-nya diisi dengan silica gel terlebih dahulu.

Namun bagaimana bila kalian tidak punya dryer box dan silica gel? Tenang gais, kalian bisa memanfaatkan beras kok. Taruh beras ke dalam toples, lalu kubur handphone basah kalian di dalam beras tersebut. Nanti air yang ada di dalam handphone akan diserap oleh beras.

Jika kalian sudah merasa handphone tersebut benar-benar kering, coba pasang lagi baterainya dan coba dihidupkan. Kalau tidak terjadi korsleting, handphone kalian niscaya akan hidup lagi.

Namun kalau aja handphone kalian masih mati, itu berarti kalian harus segera membawanya ke service center sesuai dengan merek handphone kalian.

Gambar: Handphone Kecemplung di Air via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.