Ini Lho Alasan Kenapa Banyak Produk yang Tertarik Ngiklan di Film James Bond

  • Share

NGONOO.com – Film James Bond terbaru Spectre sudah mulai dirilis beberapa waktu yang lalu. Namun kabar-kabar yang berkaitan dengan film ini masih saja seru untuk diperbincangkan. Salah satunya adalah kabar tentang ditolaknya Samsung dan Sony untuk beriklan di film James Bond Spectre karena dianggap bukanlah produk yang terbaik. Daniel Craig dan Sam Mendes menolak tawaran tersebut karena mereka hanya ingin Bond terlihat menggunakan “telepon selular berteknologi terbaik”.

Nah bro n sest pasti penasaran dong, kenapa begitu banyak produk-produk yang berebut dan rela membayar mahal untuk nongol di film James Bond. Mau tau alasannya?

iklan spectre1
Mobil Aston Martin untuk film Spectre

Jadi gini gaes, selama ini tokoh James Bond memang udah identik dengan berbagai produk atau merek yang berkualitas tinggi. Para produser franchise film James Bond ini sepertinya pintar untuk mencitrakan tokoh utamanya sebagai konsumen kelas. Hal tersebut kemudian menyebabkannya sosok James Bond menjadi figur yang sempurna, bagi anak-anak muda hingga orang-orang dewasa yang telah mapan. Jadi otomatis produk yang ngiklan di film James Bond pun dianggap jadi produk berkelas.

Jadi ga heran kalo film James Bond menjadi incaran banyak pemasang iklan yang ingin meraup keuntungan. Salah satunya adalah Gillette yang baru bergabung sebagai sponsor film James Bond. “Kami menemukan bahwa film ini memiliki cara yang luar biasa untuk menghubungkan dengan orang-orang, anak-anak muda,” ungkap Kara Buckley, Associate Director Communications of Global Grooming di Procter & Gamble (induk perusahaan Gillette).

spectre iklan
Gillette edisi khusus Spectre

Biaya produksi film ke-24 James Bond ini sendiri mencapai 300 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,3 triliun. Angka itu membuat Spectre jadi film James Bond termahal. Jumlah itupun belum ditambah dengan biaya promosi yang besarnya hampir sama, yaitu 300 jutaan dolar. Dengan bujet sebanyak itu, tentu akan lebih baik jika pendanaannya tak ditanggulangi oleh perusahaan produksi maupun distributor saja. Oleh karena itulah, Spectre membuka pintu untuk masuknya sponsor dari produk-produk komersial.

“Kalau tidak ada iklan (product placement), kami tak mampu memproduksi film James Bond,” kata Daniel Craig.

spectre iklann
Omega

Oleh karena itu banyak iklan berupa product placement dalam film James Bond. Jika dilihat di situs 007.com, terdapat 13 mitra yang digandeng produser film. Untuk Spectre, diantaranya merk minuman Belvedere, Bollinger, dan Heineken. Untuk produk lainnya ada Mobile Game, Mac Cosmetic, Gillette, Tom Ford, Omega, Sony dan Globe-Trotter. Ditambah untuk produk mobilnya ada Aston Martin, Jaguar dan Land Rover.

Produk yang menjadi pengiklan dan film James Bond pun ga cuma sekedar mengiklan saja. karena pada akhirnya akan memiliki hubungan mutualisme. Misalnya, ketika sebuah produk atau merek menjadi mitra resmi film James Bond, produk ini juga berhak untuk meluncurkan edisi khusus, seperti jam tangan atau botol minuman 007.

Jadi bro n sest udah ga heran lagi kan kenapa film-film James Bond selalu laris manis diserbu produk-produk yang mau ngiklan 😀

via Muvila

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.