Ini Dia 5 Launcher Android Paling Ringan dan Hemat RAM

Tersedia banyak sekali launcher yang bisa kamu download di Google Play. Ada launcher yang bisa mengubah tampilan smartphone kamu menjadi seperti Windows. Ada launcher yang akan memberikan efek 3D keren. Ada juga launcher yang akan mengubah smartphone lawas kamu menjadi seperti android nougat.

Namun jika kamu lebih suka launcher yang ringan, tenang saja. Karena 5 launcher dibawah ini sangat ringan dan hanya menggunakan sedikit RAM. Sangat cocok untuk kamu yang lebih suka kecepatan dibandingkan dengan tampilan semata.

Smart Launcher 3

Smart Launcher adalah launcher ringan favorit saya. Sama seperti namanya, launcher ini bukan hanya ringan, tapi juga “pintar” karena akan mengelompokkan setiap aplikasi ke kategori-kategori tertentu. Seperti aplikasi chat, internet, game, dan lainnya.

Dengan dipisahkannya aplikasi berdasarkan kategori, maka kamu akan bisa menemukan aplikasi yang kamu cari dengan cepat. Aplikasi juga tidak akan menumpuk di satu layar seperti kebanyakan launcher lainnya.

Arrow Launcher

Launcher ringan kedua adalah buatan Microsoft, yaitu Arrow Launcher. Ternyata launcher buatan Microsoft ini sangat efisien dalam hal penggunaan RAM dan juga CPU smartphone. Tidak heran kalau launcher ini disukai oleh banyak orang.

Selain ringan dan juga cepat, Arrow Launcher dibekali dengan berbagai fitur tambahan yang sangat berguna. Diantaranya adalah integrasi dengan Wunderlist, jadi semua catatan dan pengingat yang kamu simpan di Wunderlist akan tampila di launcher.

Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu launcher terpopuler dikalangan pengguna android. Launcher ini memiliki banyak sekali fitur dan juga tema yang akan semakin membuat smartphone kamu menjadi keren. Selain memiliki fitur dan tema segudang, Nova Launcher juga dikenal sangat ringan ketika digunakan.

Nova Launcher saat ini tersedia dalam dua versi, pertama adalah versi gratis dan kedua adalah versi berbayar. Tentu saja versi berbayar akan memiliki lebih banyak fitur dibandingkan versi gratisnya. Namun, kedua versi sama-sama ringan untuk digunakan.

CM Launcher

Jika kamu bertanya “adakah launcher yang lebih populer dibandingkan dengan Nova Launcher?”, maka jawabannya adalah “ada, yaitu CM Launcher”. CM Launcher telah diunduh ratusan juga orang di Google Play.

Selain ringan dan cepat, kamu juga tidak akan pernah bosan menggunakan CM Launcher karena teredia banyak sekali tema yang bisa kamu gunakan. CM Launcher tersedia gratis untuk di download dengan dukungan iklan didalam aplikasi.

Go Launcher

Go Launcher juga sangat populer dikalangan pengguna android. Memiliki lebih dari 10 ribu tema bawaan yang bisa kamu gunakan. Go Launcher menggunakan engine 3D buatannya sendiri, sehingga transisi dan efek animasi terlihat lebih halus.

Walaupun mennggunakan efek transisi 3D, namun Go Launcher sasngat ringan. Tidak kalah dengan Arrow Launcher dan Smart Launcher. Jadi, untuk kamu yang menginginkan tampilan menarik namun tetap ringan, Go Launcher bisa jadi pilihan.

Itu dia 5 launcher yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan launcher bawaan smartphone. Jadi, jika launcher bawaan smartphone kamu terlalu berat dan lambat, 5 launcher diatas bisa kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.